Dalam beberapa tahun terakhir, emas rose gold mengalami peningkatan popularitas. Tren ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga dunia. Ini bisa kita lihat dari semakin banyaknya toko perhiasan yang menjual item dari bahan emas rose gold. Perhiasan dengan warna unik ini juga banyak dipakai oleh perancang busana maupun influencer

Berbagai produk elektronik termasuk ponsel juga berlomba-lomba menghadirkan seri dengan warna rose gold. Tren rose gold muncul karena warnanya yang cantik dan feminin. Lalu, dalam bentuk perhiasan warna emas rose gold cocok untuk kulit apa? Emas ini lebih ternyata cocok untuk berbagai jenis warna kulit. Emas warna rose gold juga lebih tahan lama daripada emas putih.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu emas rose gold, perkiraan harga hingga tips perawatannya. Simak selengkapnya sampai tuntas, ya!

Apa itu Emas Rose Gold?

Sebenarnya, rose gold warna apa? Seperti namanya, emas rose gold adalah emas yang memiliki tampilan warna merah muda menyerupai bunga mawar yang berkilau. Dilansir dari Tirto, warna emas rose gold punya sejumlah perbedaan dengan emas kuning klasik baik dari segi campuran bahan maupun tampilannya.

Emas rose gold adalah jenis emas yang terbuat dari campuran emas murni dan tembaga, menghasilkan warna merah muda atau pink, bukan merah yang mencolok. Selain tembaga, emas rose gold juga sering dicampur dengan logam lain seperti perak dan palladium untuk mencapai keseimbangan warna yang diinginkan. 

Biasanya, campuran emas rose gold dengan sedikit perak akan menghasilkan warna pink yang lebih pucat namun lebih berkilau. Emas rose gold memiliki nilai jual dan beli yang tinggi di pasaran. Umumnya, emas rose gold digunakan dalam pembuatan berbagai perhiasan seperti cincin, kalung, anting-anting, gelang, liontin, dan lainnya. Warna rose gold seringkali diminati karena menciptakan nuansa yang modern sekaligus klasik.

Baca juga: 5 Cara Ukur Cincin Untuk Pria dan Wanita, Ga Perlu Pusing

Jenis-jenis Emas Rose Gold

Setelah memahami apa itu emas rose gold dan rose gold itu warna apa, hal berikutnya yang juga perlu kamu ketahui terkait varian emas ini adalah jenis-jenisnya.

1. Rose Gold 750 (18 Karat)

Emas rose gold 750 adalah emas yang terdiri dari 75% emas murni dengan campuran 20% tembaga dan 5% perak. Harga per gramnya berkisar antara Rp800.000 – Rp1.000.000 per gram. Emas rose gold 750 (18 karat) adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan perhiasan dengan warna yang cantik dan feminin, serta tahan lama.

Kelebihan emas rose gold 750 antara lain adalah:

  • Warna. Merah muda yang cantik dan feminin
  • Kadar emas. Tinggi, sehingga nilainya lebih tinggi
  • Ketahanan. Lebih tahan lama daripada emas putih
  • Kilau. Cemerlang dan tahan lama

Sedangkan kekurangannya antara lain:

  • Harganya lebih mahal daripada emas kuning
  • Ketersediaan. Tidak semudah emas kuning
  • Perawatan. Membutuhkan pembersihan khusus.

2. Rose Gold 585 (14 Karat)

Varian yang kedua adalah emas rose gold 585 yang terdiri dari 58,5% emas murni, 36% tembaga, dan 5,5% perak. Emas ini dijual dengan harga mulai dari Rp600.000 – Rp800.000 per gramnya. Emas rose gold 585 (14 karat) adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang menginginkan perhiasan dengan warna yang cantik dan harga yang lebih terjangkau.

Kelebihan emas rose gold 585 antara lain adalah:

  • Harga lebih murah daripada rose gold 750
  • Ketersediaan. Lebih mudah ditemukan
  • Warna merah muda yang lebih pucat
  • Ketahanannya cukup baik.

Sementara kekurangannya mencakup:

  • Kadar emas lebih rendah, sehingga nilainya lebih rendah
  • Kilau kurang cemerlang dibandingkan rose gold 750
  • Lebih mudah pudar. Warna merah mudanya dapat memudar seiring waktu

3. Rose Gold 375 (9 Karat)

Rose gold emas dengan konsentrasi emas asli terendah adalah rose gold 375. Varian ini terdiri dari 37,5% emas murni, 52,5% tembaga, dan 10% perak. Emas rose gold 375 (9 karat) adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang menginginkan perhiasan dengan warna yang cantik dan harga yang paling terjangkau. Kelebihannya antara lain adalah:

  • Harga. Paling murah di antara jenis rose gold lainnya
  • Ketersediaan. Sangat mudah ditemukan
  • Warna. Merah muda yang lebih kekuningan
  • Lebih kuat. Campuran logam yang lebih tinggi membuatnya lebih tahan gores dan benturan.

Terlepas dari kelebihan di atas, rose gold 375 juga punya beberapa kekurangan seperti:

  • Kadar emas. Rendah, sehingga nilainya lebih rendah
  • Kilau. Kurang cemerlang dibandingkan rose gold lainnya
  • Lebih mudah pudar. Warna merah muda dapat memudar seiring waktu

Jadi kalau ada yang bertanya-tanya rose gold apakah emas asli? Jawabannya ya, karena di dalamnya terdapat kandungan emas meski dengan persentase yang berbeda-beda.

Kekurangan dan Kelebihan Emas Rose Gold

Seperti halnya varian emas kuning klasik dan emas putih yang modern, emas rose gold juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Kelebihan emas ini antara lain adalah:

  • Warna. Cantik dan feminin, cocok untuk berbagai warna kulit
  • Ketersediaan. Tersedia dalam berbagai kadar emas dan desain
  • Ketahanan. Lebih tahan lama daripada emas putih.
  • Nilai. Memiliki nilai investasi yang stabil.Cocok dibeli sebagai salah satu cara investasi emas
  • Simbolisme. Salah satu warna emas yang bagus untuk mewakili cinta, kasih sayang, dan perasaan romantis.

Sementara itu, kekurangan emas rose gold yang juga perlu dipertimbangkan termasuk:

  • Harga. Lebih mahal daripada emas kuning
  • Perawatan. Membutuhkan pembersihan khusus untuk menjaga warnanya
  • Ketersediaan. Tidak semudah emas kuning di beberapa daerah
  • Alergi. Tembaga dalam rose gold dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang
  • Pudar. Warna rose gold dapat memudar seiring waktu, terutama pada kadar emas yang lebih rendah.

Cara Merawat Emas Rose Gold

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu kekurangan dari emas rose gold ini adalah warnanya yang mudah pudar. Karena itu, kamu membutuhkan teknik perawatan yang tepat agar kilaunya bisa bertahan lama. Simak cara perawatannya berikut ini!

1. Bersihkan secara Teratur

Jaga kebersihan emas rose gold kamu dengan membersihkannya secara teratur. Gunakan air hangat dan sabun ringan untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk. Gosoklah perlahan dengan sikat gigi lembut atau kain lembut. Setelah dibersihkan, bilaslah perhiasan dengan air bersih dan keringkan dengan lembut menggunakan kain lembut. Ini akan membantu menjaga kilau dan penampilan emas rose gold milikmu.

2. Hindari Paparan Bahan Kimia

Agar emas rose gold tetap terjaga, hindari paparan bahan kimia seperti parfum, kosmetik, pembersih rumah tangga, dan klorin. Jauhi penyemprotan parfum langsung ke perhiasan serta kontak dengan zat-zat kimia tersebut. Lebih baik melepas perhiasan saat menggunakan produk kimia. 

Paparan bahan kimia dapat merusak emas rose gold, menyebabkan perubahan warna atau kerusakan lainnya. Dengan menjaga perhiasan dari paparan bahan kimia, kamu bisa memastikan keindahannya tetap terjaga dalam jangka panjang.

3. Lepaskan Saat Beraktivitas 

Untuk menjaga keindahan emas rose gold, sebaiknya lepaskan perhiasan saat beraktivitas fisik seperti berolahraga, berenang, atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ini membantu mencegah terjadinya benturan dan goresan yang dapat merusak permukaan perhiasan. Dengan cara ini, kamu dapat memastikan bahwa emas rose gold tetap terjaga dengan baik dan tetap mengkilap untuk waktu yang lebih lama.

Tips Memilih Emas Rose Gold

Untuk memilih emas rose gold sebagai perhiasan atau investasi, kamu perlu memerhatikan berbagai hal. Simak beberapa tips memilih emas rose gold berikut ini!

1. Perhatikan Jumlah Karat

Pertimbangkan jumlah karat saat memilih emas rose gold. Karat menandakan kadar kemurnian emas dalam campuran, dengan karat yang lebih tinggi menunjukkan kadar emas yang lebih tinggi. Pilih karat sesuai preferensi dan anggaranmu, karena karat yang lebih tinggi biasanya lebih mahal. Ini memastikan kamu mendapatkan kualitas yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu dalam memilih perhiasan emas rose gold.

2. Pahami Campuran Komposisi yang Digunakan

Sebelum memilih emas rose gold, penting untuk memahami campuran komposisinya. Emas rose gold terdiri dari campuran emas, tembaga, dan kadang-kadang perak. Proporsi campuran ini memengaruhi warna, kekuatan, dan harga emas tersebut. Pastikan kamu memahami proporsi campuran untuk memilih yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kamu.

3. Cari yang Mempunyai Sertifikat

Ketika membeli perhiasan emas rose gold dengan nilai tinggi, penting untuk memperhatikan sertifikat sebagai bukti kemurnian dan kualitasnya. Pastikan membeli dari penjual terpercaya yang menyertakan sertifikat resmi. 

Sertifikat resmi biasanya mencakup informasi tentang kadar emas dalam karat atau persentase, berat emas dalam gram, nama dan logo lembaga sertifikasi untuk keaslian, serta nomor seri unik yang digunakan untuk pelacakan perhiasan. Sertifikat ini biasanya berbeda-beda dan bisa dikeluarkan oleh produsennya. Misalnya saja sertifikat dari Sucofindo atau dari Gubelin.

Baca juga: 6 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, Hindari Tertipu!

Perbedaan Emas Rose Gold dan Emas Kuning?

Perbedaan rose gold dan gold (kuning) ternyata tidak hanya dari warnanya saja. Simak selengkapnya dalam tabel berikut ini!

KriteriaEmas Rose GoldEmas Kuning
WarnaMerah mudaKuning cerah
KomposisiCampuran emas murni, tembaga, dan perakCampuran emas murni dan logam lain (tembaga, perak, seng)
Kadar Karat375 (9 karat), 585 (14 karat), 750 (18 karat)24 karat, 22 karat, 18 karat, 14 karat, 10 karat
KilauCemerlangCemerlang
KetahananLebih tahan lamaCukup tahan lama
HargaLebih mahalLebih murah
PerawatanMembutuhkan pembersihan khususPerawatan mudah
AlergiTembaga dapat menyebabkan alergiJarang menyebabkan alergi
KetersediaanKurang mudah ditemukanMudah ditemukan
Nilai InvestasiStabilStabil

Emas rose gold telah menjadi tren yang digemari dalam beberapa tahun terakhir, baik dalam dunia perhiasan maupun produk lainnya. Ketersediaan berbagai varian karatnya menawarkan fleksibilitas bagi pembeli. Dengan perawatan yang tepat, keindahannya dapat bertahan lama. Pastikan kamu memilih emas rose gold dari penjual terpercaya yang menyertakan sertifikat resmi untuk memastikan kemurnian dan kualitasnya.

Ingin membuat berbagai prototype untuk model emas? Sekarang kamu bisa mencetaknya dengan bantuan FOMU. Sebagai jasa 3D printing terkemuka di Indonesia, kami siap membantumu mewujudkan ide-ide dalam bentuk objek 3 dimensi. Hubungi Fomu untuk informasi selengkapnya!

Leave a comment