Cincin adalah perhiasan yang sangat umum digunakan, baik sebagai pelengkap outfit maupun simbol pernikahan. Membeli cincin juga bisa menjadi salah satu cara investasi emas yang banyak digunakan orang. Mengingat variasi ukuran jari manusia, penting untuk mengetahui ukuran cincin yang pas agar tidak terlalu besar atau kecil. 

Bagi kamu yang ingin memesan cincin secara online, kamu sebenarnya bisa mengukur sendiri di rumah. Beberapa cara ukur cincin bahkan bisa dilakukan dengan alat yang mudah ditemukan di rumah dan cara yang mudah pula. Beriklu adalah cara ukur cincin untuk pria dan wanita

Cincin yang kekecilan, tentu tidak nyaman untuk dikenakan. Begitu juga cincin yang terlalu longgar, berpotensi untuk lepas dari tangan dan hilang. Agar tidak salah ukuran, simak beberapa cara ukur cincin yang dapat digunakan baik oleh pria maupun wanita berikut ini!

Baca juga: Kenapa Harga Emas Naik? Ini Peluang atau Ancaman!

1. Pita Meteran

Cara ukur lingkar jari untuk cincin yang paling mudah adalah dengan menggunakan sehelai pita. Langkahnya sangat mudah yakni dengan membungkus pita pengukur atau tali di sekitar jari yang ingin dipasangi cincin, pastikan tidak terlalu ketat. Tandai tempat bertemu, lalu ukur dengan penggaris (mm). Hasilnya adalah lingkar jari, yang bisa disamakan dengan ukuran pada tabel cincin untuk menemukan ukuran yang pas. 

2. Kertas dan Penggaris

Kalau kamu tidak bisa menemukan pita, kamu bisa mengganti alat ini dengan kertas. Cara mengukur cincin jari menggunakan kertas juga sangat mudah. potong kertas menjadi pita lebar 1 cm. Lilitkan sekitar jari dan gunakan selotip. Pastikan tidak terlalu ketat. Tandai pertemuan kertas dengan pena, lalu ukur panjangnya dengan penggaris. 

Hasilnya adalah lingkar jari kamu. Sesuaikan dengan grafik ukuran cincin yang ingin dibeli. Cara ukur cincin dengan penggaris dan kertas ini juga cukup akurat untuk menentukan ukuran cincin yang pas.

3. Alat Ukur Cincin

Cara mengukur ukuran jari untuk cincin yang berikutnya adalah dengan menggunakan alat pengukur cincin atau ring sizer. Ini merupakan cara yang paling akurat untuk menentukan ukuran cincin yang cocok dengan jarimu.

Ring sizer adalah alat yang terdiri dari serangkaian cincin berukuran berbeda untuk mencari ukuran cincin yang pas. Cobalah satu per satu hingga menemukan yang nyaman. Di bagian dalamnya terdapat keterangan ukuran yang dapat dibaca untuk menentukan ukuran yang tepat.

4. Menggunakan Cincin yang Sudah Ada

Cara mengukur jari untuk cincin yang terakhir adalah dengan menggunakan cincin yang sudah kamu beli dan gunakan sebelumnya. Tempatkan cincin di permukaan rata dan gunakan penggaris untuk mengukur diameternya. 

Ukuran cincin lama dapat menjadi patokan saat membeli online. Pastikan mengukur diameter dalam ring untuk konversi yang akurat. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui ukuran yang sesuai untuk pembelian cincin baru secara online.

5. Aplikasi Pengukur Cincin Online 

Saat ini, menemukan ukuran cincin sudah semakin mudah. Selain dengan cara seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi di ponsel sebagai cara mengukur lingkar jari yang mudah. Ada banyak sekali pilihan aplikasi yang tersedia dengan cara penggunaan yang berbeda-beda.

Salah satu aplikasi yang populer adalah Ring Sizer Meter dari Mindateq (dapat diunduh di Apps Store). Untuk menentukan ukuran cincin, letakkan cincin di dalam lingkaran putih pada layar ponsel dan sesuaikan tepi lingkaran dengan tepi dalam cincin menggunakan penggeser. Aplikasi ini akan menampilkan ukuran cincin dalam berbagai sistem pengukuran.

Aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur lainnya seperti:

  • Mendukung satuan pengukuran metrik/imperial
  • Mendukung sistem pengukuran populer: US/CA, AU/GB, EU/ISO, JP/CN, RU
  • Fitur penyimpanan hasil pengukuran
  • Dilengkapi dengan penggaris untuk mengukur perhiasan dan barang lainnya.

Aplikasi pengukur cincin lainnya adalah Ring Sizer by Jason Withers (bisa diunduh di Google Play Store dan Apps Store). Untuk menggunakan aplikasi ini, lakukan instalasi terlebih dahulu, kemudian buka menu ring sizer.  Selanjutnya, letakkan cincin yang ingin kamu ukur di layar untuk menentukan berapa diameternya.

Di bagian bawah, kamu tinggal mencocokkan saja dengan ukuran standar cincin (US/CA, AU/GB, EU/ISO, JP/CN, RU) sesuai kebutuhan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur tambahan yang memungkinkan penggunanya melakukan pemesanan cincin secara online.

Lantas, seberapa akurat penggunaan aplikasi online untuk mengukur cincin? Dilansir dari RingSizerTool, aplikasi pengukur cincin online ini pada dasarnya dirancang dengan akurasi yang baik. Namun, untuk hasil pengukuran yang optimal, kamu disarankan untuk melakukan pengukuran lebih dari sekali. 

Meskipun demikian, aplikasi ini dapat memberikan perkiraan yang cukup akurat, terutama jika digunakan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk penggunaan.

Mengukur ukuran cincin dengan tepat memastikan kenyamanan dan keindahan saat dipakai. Dari penggunaan pita meteran hingga aplikasi pengukur online, beragam metode tersedia. Dengan memahami cara yang tepat, kamu dapat memesan cincin dengan percaya diri sesuai ukuran yang diinginkan.

Ingin mencetak prototype untuk cincin emas putih maupun emas rose gold dengan teknik cetak 3D? Sekarang kamu bisa melakukannya di FOMU. Sebagai penyedia jasa 3d printing tepercaya di Indonesia, Fomu menyediakan layanan cetak dengan material emas. Selain cincin, kamu juga bisa mencetak berbagai prototype untuk emas menggunakan 3D printer yang kami miliki. Konsultasikan kebutuhan cetak 3D kamu sekarang juga hanya pada Fomu!

Baca juga: Harga Cetak 3D Printing, Ga Mahal Kok! Segini Kisaran Biayanya

Leave a comment