Sejak dulu, emas merupakan salah satu komoditas favorit karena nilainya yang tinggi. Di tengah ketidakpastian ekonomi, emas kerap jadi opsi investasi safe haven yang akan melindungi nilai uang yang dimiliki agar tak tergerus inflasi. Sayangnya, terlepas dari kelebihan ini, risiko emas palsu kerap menghantui. Karena itu, penting bagi kamu yang ingin membeli emas untuk tahu perbedaan emas asli dan palsu.

Lalu, bagaimana cara cek emas asli apa bukan? Ada berbagai langkah yang bisa kamu lakukan. Mari kita bahas secara lengkap dalam ulasan berikut ini!

Baca juga: Emas Rose Gold: Tren Perhiasan yang Memikat dan Elegan

1. Segelas Air 

Cara mengetahui emas asli atau palsu yang pertama adalah dengan menggunakan segelas air. Metode ini memanfaatkan perbedaan massa jenis emas dengan logam lain. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan segelas air bening
  • Masukkan emas yang ingin diuji ke dalam air
  • Perhatikan apakah emas tenggelam atau mengapung

Emas asli, dengan massa jenisnya yang tinggi sekitar 19,3 g/cm³, akan tenggelam ke dasar gelas saat direndam dalam air. Sebaliknya, emas palsu, yang memiliki massa jenis lebih rendah, akan mengapung atau melayang di atas permukaan air.  Tes ini merupakan cara cepat dan mudah untuk mengidentifikasi keaslian emas sebelum membeli atau menggunakan perhiasan. 

2. Cuka

Cara mengecek emas asli atau palsu di rumah juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan cuka. Langkahnya juga sangat mudah yakni:

  • Siapkan cuka putih dan mangkuk kecil
  • Teteskan beberapa tetes cuka pada perhiasan emas
  • Amati reaksi yang terjadi.

Emas asli dapat diidentifikasi dengan sifatnya yang tidak bereaksi terhadap cuka dan warnanya tetap tidak berubah. Di sisi lain, emas palsu mungkin akan bereaksi dengan cuka dan dapat mengalami perubahan warna menjadi hijau, biru, atau coklat. Perubahan warna ini bisa berbeda-beda, tergantung jenis logam yang terkandung dalam emas palsu tersebut.

3. Magnet

Meskipun emas adalah logam, emas memiliki beberapa sifat yang berbeda dengan logam lain seperti besi. Lalu, apakah emas bisa ditarik oleh magnet? Jawabannya: tidak karena emas tidak bersifat magnetik. Untuk mengujinya, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Siapkan magnet kuat (misalnya magnet neodymium)
  • Dekatkan magnet ke perhiasan emas
  • Amati apakah perhiasan tertarik oleh magnet.

Emas asli dapat diidentifikasi karena tidak akan tertarik oleh magnet. Sebaliknya, emas palsu mungkin akan menunjukkan reaksi tertarik oleh magnet, terutama jika mengandung logam ferromagnetik seperti besi atau nikel. Tutorial cara cek keaslian emas dengan menggunakan magnet.

4. Gosokkan Emas pada Keramik

Cara mengecek emas asli atau palsu yang berikutnya adalah dengan menggosokkan permukaan emas pada keramik. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Siapkan keramik tanpa glasir (ubin kasar)
  • Gosokkan perhiasan emas pada permukaan keramik
  • Amati bekas gosokan.

Emas asli dapat diidentifikasi karena tidak akan meninggalkan bekas pada permukaan keramik setelah digosok. Di sisi lain, emas palsu mungkin akan meninggalkan bekas berwarna hitam atau coklat setelah digosok pada keramik. Ini merupakan cara membedakan emas asli dan palsu secara manual yang paling mudah dilakukan.

5. Menggunakan Tes Asam Nitrat

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah emas yang kamu beli asli atau palsu adalah dengan menggunakan asam nitrat. Perlu diingat bahwa tes ini berbahaya dan harus dilakukan dengan hati-hati oleh profesional karena asam nitrat bersifat korosif. Langkah-langkahnya adalah:

  • Siapkan asam nitrat dengan kadar tertentu (biasanya 68%)
  • Gunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan, kacamata, dan jas lab
  • Oleskan sedikit asam nitrat pada batu asah
  • Gosok perhiasan emas pada batu asah yang telah diolesi asam nitrat
  • Amati perubahan warna pada batu asah.

Emas asli dapat diidentifikasi karena tidak akan bereaksi dengan asam nitrat, dan ketika digosok dengan batu asah, tidak akan mengubah warna batu tersebut. Namun, emas palsu mungkin akan bereaksi dengan asam nitrat, dan ketika digosok dengan batu asah, dapat menyebabkan perubahan warna, tergantung pada jenis logam campuran yang digunakan.

6. Perhatikan Kode Pada Emas 

Bagaimana cara mengetahui emas murni? Selain dengan menggunakan langkah-langkah pengujian di atas, kamu juga bisa mengecek langsung dengan melihat kode yang tertera pada emas. 

Kode emas asli tidak selalu sama, tergantung pada standar yang digunakan dan kadar emasnya. Berikut beberapa kode emas berdasarkan standar karat yang umum digunakan:

KaratKemurnian (%)Kode
2499,9999, 24K, 999.9
2395,8958, 23K
2291,6916, 22K
2187,5875, 21K
1875750, 18K
1458,5585, 14K
1041,7417, 10K

Selain dengan standar karat, ada juga kode emas yang menggunakan standar militer.  Standar militer menggunakan sistem “millesimal fineness” untuk menandai kemurnian emas. Sistem ini menunjukkan kadar emas dalam permil, di mana 1000 permil sama dengan emas murni 24 karat. Berikut beberapa kode emas yang umum digunakan berdasarkan standar militer:

KodeKeteranganKaratKemurnian (%)
999Emas murni2499,9
916Emas 22 karat2291,6
750Emas 18 karat1875
585Emas 14 karat1458,5
417Emas 10 karat1041,7

Standar lainnya yang digunakan untuk kode emas adalah sterling silver. Sterling silver adalah paduan logam yang terdiri dari 92,5% perak murni dan 7,5% logam lain, biasanya tembaga. Paduan ini menghasilkan logam yang lebih keras dan tahan lama daripada perak murni, namun tetap mempertahankan kilau dan keindahannya.

Sterling silver biasanya ditandai dengan kode “925” yang menunjukkan kandungan perak murninya. Kode ini dapat ditemukan pada perhiasan dan benda-benda lain yang terbuat dari sterling silver.

Mengetahui cara cek emas asli atau bukan penting bagi siapa saja yang ingin membeli emas dalam bentuk perhiasan, batangan atau berbagai item dari emas lainnya. Identifikasi yang tepat dapat mencegah kerugian finansial dan memastikan kualitas barang yang dibeli. 

Dengan tes sederhana seperti menggunakan asam nitrat atau magnet yang sudah disebutkan di atas, kamu sebagai konsumen dapat memverifikasi keaslian emas sebelum membeli, menjaga kepercayaan dan kepuasan dalam transaksi pembelian perhiasan atau investasi emas.

Baca juga: Kenapa Harga Emas Naik? Ini Peluang atau Ancaman!

Dengan nilainya yang terus bertahan bahkan cenderung meningkat sepanjang tahun, emas merupakan komoditas yang menarik untuk simpanan atau investasi. Bagi kamu yang bosan menyimpan emas dalam bentuk perhiasan, kamu bisa memesan produk kustom dari emas untuk prototype emasmu hanya di Fomu.

FOMU merupakan jasa 3D printing yang dilengkapi dengan berbagai teknologi pencetakan 3 dimensi terkini yang memungkinkanmu mencetak apa saja. Tunggu apa lagi, hubungi Fomu sekarang juga dan konsultasikan pencetakan 3 dimensimu hanya kepada Fomu!

Leave a comment