Jika kamu berencana membuat cincin baik untuk tujuan tertentu (acara pernikahan atau tunangan) atau sekadar ingin membeli cincin untuk perhiasan, penting untuk memilih ukuran cincin dengan cermat. Apalagi, jika cincinnya dibeli secara online. Ada berbagai standar ukuran cincin yang digunakan oleh setiap produsen dan kamu perlu memahaminya agar tidak salah pilih.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang size cincin yang umum digunakan di Indonesia, baik untuk pria maupun untuk wanita. Yuk, simak!

Baca juga: 5 Cara Ukur Cincin Untuk Pria dan Wanita, Ga Perlu Pusing

Ukuran Cincin Berdasarkan CM dan MM 

Ukuran Cincin Berdasarkan CM dan MM 

Dilansir dari UBS Lifestyle, mengetahui ukuran jari cincin bisa dilakukan dengan menggunakan potongan kertas, tali atau pita. Cara mengukur cincin dengan CM adalah membandingkan hasil lingkar jari yang sudah dililiti kertas/pita/tali dengan penggaris. Dari ukuran ini, baru dikonversikan ke dalam angka ukuran cincin. 

Simak tabel ukuran cincin yang banyak digunakan di Indonesia berikut ini!

1. Ukuran Cincin Pria

Ukuran jari cincin untuk pria sedikit berbeda dengan ukuran cincin wanita. Ini karena memang kebanyakan pria memiliki jari-jari tangan yang lebih besar. Simak ukuran cincin pria pada tabel berikut ini!

Ukuran CincinDiameter (cm)Diameter (mm)
172,222
182,323
192,424
202,525
212,626
222,727
232,828
242,929
253,030
263,131

2. Ukuran Cincin Wanita

Untuk ukuran cincin wanita, kamu bisa melihat panduannya pada tabel berikut ini:

Ukuran CincinDiameter (cm)Diameter (mm)
121,616
131,717
141,818
151,919
162,020
172,121
182,222
192,323
202,424
212,525

Tips Memilih Ukuran Cincin yang Tepat

Tips Memilih Ukuran Cincin yang Tepat

Ukuran cincin yang pas penting untuk kenyamanan dan keamanan saat kamu memakainya. Cincin yang terlalu longgar bisa mudah tergelincir atau hilang, sementara yang terlalu sempit dapat menyebabkan ketidaknyamanan, iritasi kulit, dan bahkan gangguan sirkulasi. Ukuran yang pas juga memastikan cincin tetap stabil di jari tanpa risiko kehilangan. 

Dengan memilih ukuran yang sesuai, cincin akan lebih nyaman dan aman digunakan sehari-hari. Simak tips memilih ukuran cincin yang tepat berikut ini!

1. Cobalah Cincin dalam Berbagai Ukuran

Untuk memilih ukuran cincin yang tepat, cobalah berbagai ukuran untuk menemukan yang paling nyaman. Pastikan cincin pas di jari tanpa terlalu longgar atau sempit. Idealnya, cincin harus bisa dilepas dengan sedikit usaha, namun tetap terasa stabil saat digunakan sehari-hari. 

Mengujinya dalam berbagai situasi membantu memastikan kenyamanan dan keamanan pemakaian jangka panjang.

2. Pertimbangkan Faktor-Faktor Saat Memilih Cincin

Tips memilih ukuran cincin yang tepat berikutnya adalah dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Pertama, lebar cincin mempengaruhi kenyamanan dan kecocokannya di jari kamu. Bentuk cincin juga berpengaruh, karena bentuk yang tidak biasa mungkin tidak sesuai dengan jari kamu seperti cincin dengan bentuk bulat. 

Selain itu, bahan cincin yang berbeda seperti logam atau plastik dapat memengaruhi ukurannya. Memperhitungkan faktor-faktor ini membantu menemukan ukuran yang paling cocok dan nyaman bagi kamu.

3. Konsultasikan dengan Ahli Perhiasan

Untuk memilih ukuran cincin yang tepat kamu juga bisa berkonsultasi dengan ahli perhiasan. Mereka dapat melakukan pengukuran presisi dan memberikan saran tentang ukuran yang paling cocok, memastikan kenyamanan dan keamanan saat memakai cincin.

Membeli atau membuat cincin sendiri tidak hanya bisa jadi cara untuk mempercantik diri. Ini juga bisa jadi cara investasi emas yang jitu. Mau cetak berbagai item selain cincin dari emas termasuk emas rose gold dan emas putih? Kamu bisa melakukannya di FOMU

Fomu merupakan penyedia layanan jasa 3D Printing yang bisa mencetak dengan berbagai material. Hubungi Fomu sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan cetak 3 dimensimu!

Baca juga: Harga Cetak 3D Printing, Ga Mahal Kok! Segini Kisaran Biayanya

Leave a comment