Fuel pump dapat berfungsi normal mengalirkan bahan bakar ke ruang mesin kalau setiap komponennya bekerja dengan baik. Salah satunya adalah motor atau rotak fuel pump. Jika rotak rusak, maka bahan bakar tidak bisa tersalurkan dengan baik. Lalu, apa saja ciri-ciri rotak motor rusak yang perlu segera Anda ganti?
Ada berbagai indikasi yang bisa menjadi tanda kerusakan pada rotak motor, di antaranya:
Baca juga: 6 Ciri-Ciri Spul Motor Rusak yang Harus Segera Ganti!
1. Terdengar Suara Berdecit dan Berisik
Ketika dalam posisi berkendara dan Anda menjumpai adanya suara berisik atau berdecit dari ruang tangki, kemungkinan besar penyebabnya adalah fuel pump. Rotak fuel pump yang rusak bisa menjadi sumber munculnya suara berdecit atau berisik pada tangki motor.
Suara berisik karena rusaknya rotak motor biasanya terdengar cukup keras ketika Anda baru menyalakan motor. Selain itu, Anda dapat pula menjumpai ciri kerusakan dinamo fuel pump yang satu ini dalam kondisi motor dikendarai.
2. Mesin Sulit Di-starter
Selanjutnya, Anda bisa pula berhadapan dengan mesin yang sulit di-starter ketika memiliki masalah rotak motor rusak. Situasi ini bisa terjadi karena suplai bahan bakar dari tangki menuju ke mesin mengalami hambatan.
Fuel pump dengan bagian rotak yang rusak memang masih tetap bisa bekerja. Hanya saja, tekanannya terlalu rendah sehingga menimbulkan kesulitan untuk bisa menyalakan mesin.
3. Tarikan Mesin Lemah atau Tidak Stabil
Selanjutnya, Anda bisa pula menjumpai tarikan mesin yang terasa lemah dan bahkan tak stabil ketika berkendara. Situasi tersebut bakal kerap terjadi, terutama ketika Anda Anda melakukan akselerasi kecepatan atau melewati tanjakan.
Tarikan mesin yang lemah dan tak stabil tersebut berkaitan erat dengan rusaknya rotak pada fuel pump. Kondisi ini terjadi karena fuel pump bekerja secara tidak seimbang dengan performa mesin.
Pompa bensin motor tidak mampu memberikan suplai bensin yang cukup. Karena tidak mendapatkan suplai bensin yang memadai, mesin motor tidak dapat menunjukkan performa terbaiknya.
4. Panas Berlebihan pada Mesin
Mesin yang terlalu panas bisa pula menjadi salah satu ciri-ciri rotak motor rusak. Situasi ini terjadi karena mesin harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan suplai bahan bakar dalam jumlah yang mencukupi. Di waktu yang sama, fuel pump tidak mampu memenuhi kebutuhan bahan bakar mesin.
Suhu mesin yang terlalu panas tidak hanya mempengaruhi kenyamanan Anda mengendarai motor. Panas yang berlebih pada bagian mesin bisa menimbulkan kerusakan serius. Kerusakan bisa menyebar ke komponen lain sehingga memerlukan biaya perbaikan lebih besar.
Selain itu, suhu mesin yang terlalu panas dapat pula menyebabkan permasalahan lain. Permasalahan pada fuel pump bisa menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba ketika berada pada suhu tinggi.
5. Tersendat – Sendat Saat Mengatur Kecepatan
Berikutnya, Anda akan menjumpai ciri-ciri rotak motor rusak saat menarik gas. Mesin tidak akan bisa melakukan akselerasi kecepatan dengan lancar. Sebaliknya, Anda akan merasa mesin bekerja secara tersendat-sendat.
Rotak motor yang rusak membuat tekanan pada fuel pump jadi tidak stabil, kadang tinggi, kadang rendah. Dampaknya, suplai bahan bakar menjadi tidak lancar dan membuat mesin tersendat.
6. Konsumsi Bahan Bakar Jadi Lebih Boros
Terakhir, Anda akan menjumpai efek samping dari rotak fuel pump rusak pada meningkatnya konsumsi bahan bakar motor. Peningkatan ini terjadi karena ketidakstabilan tekanan fuel pump membuat proses pembakaran berlangsung secara tidak efisien dan cenderung boros.
Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi kerusakan pada rotak motor? Ada 2 solusi yang bisa Anda pilih untuk mengatasi permasalahan pada rotak. Pertama, Anda bisa melakukan penggantian fuel pump. Hanya saja, biayanya cukup mahal, bisa mencapai Rp400-500 ribu, tergantung jenis motor.
Selanjutnya, ada pula solusi yang lebih terjangkau. Anda bisa melakukan penggantian rotak. Di pasaran, harganya sekitar Rp100-200 ribu. Hanya saja, rotak tersebut merupakan produk KW.
Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja ciri-ciri rotak motor rusak dan cara mengatasinya, kan? Namun, bagaimana jika permasalahan ini terjadi pada motor yang suku cadangnya sangat langka?
Anda bisa mendapatkan solusinya di FOMU. FOMU menyediakan layanan 3D printing untuk kebutuhan pembuatan prototype berbagai jenis komponen motor. Dari prototype tersebut, Anda kemudian bisa membuat komponen yang dibutuhkan dengan tingkat akurasi tinggi.
Baca juga: Seher Motor Rusak Jangan Dibiarkan, Akibatnya Bikin Rugi Besar!