Bagi kamu yang menyenangi animasi dan sering menonton Nickelodeon, Avatar tentu sudah tidak asing lagi. Animasi ini menceritakan tentang Aang, seorang anak berusia 12 tahun yang merupakan Avatar, satu-satunya orang yang bisa mengendalikan keempat elemen: air, tanah, api, dan udara. Aang harus menghentikan Negara Api yang ingin menguasai seluruh dunia. Dalam perjalanannya, Aang dibantu oleh Katara, Sokka, dan Toph untuk belajar mengendalikan elemen dan mengalahkan Negara Api.

Serial yang dirancang oleh Michael Dante DiMartino bersama Bryan Konietzko ini telah memenangkan banyak penghargaan. Salah satunya adalah Primetime Emmy Award for Outstanding Animated Program. Serial live action-nya di Netflix juga sangat populer dan banyak dibicarakan di dunia maya.

Agar tidak salah membedakan dengan karakter Avatar biru karya James Cameron, mari kita bahas 20+ nama karakter Avatar berikut ini!

1. Aang

Karakter Avatar pertama yang paling populer tentu adalah Aang yang merupakan protagonis dalam cerita ini. Aang adalah seorang rahib kecil yang berusia 112 tahun, terdiri dari 100 tahun umur sebenarnya dan 12 tahun umur penampilannya yang tidak berubah karena terperangkap dalam es. 

Ia berasal dari kaum Pengembara Udara, tinggal di Kuil Udara Selatan, dan diasuh oleh seorang rahib bernama Gyatso. Aang kabur setelah mendengar bahwa ia akan dipisahkan oleh Gyatso untuk mendalami ilmu sebagai seorang “Avatar” –seseorang yang mampu mengendalikan keempat unsur. 

Selama pelariannya, Aang mengalami kecelakaan yang membuatnya tidak sadarkan diri untuk waktu yang cukup lama. Setelah bertahun-tahun, Aang ditemukan oleh Katara dan Sokka, dua remaja dari Suku Air Selatan, dalam bongkahan es. 

Saat ditemukan, Aang sudah melewati 100 tahun, pada masa peperangan antara Negara Api dengan tiga bangsa lainnya. Bersama dengan teman-temannya, Aang menjalani petualangan untuk menguasai keempat elemen dan mengalahkan Raja Api agar membawa kedamaian kembali ke dunia.

2. Katara

Karakter teman Avatar yang paling populer karena menjadi love interest-nya Aang. Katara adalah seorang remaja berusia 14 tahun yang berasal dari Suku Air Selatan. Dia tinggal bersama abangnya, Sokka, dan neneknya, Kanna, yang akrab dipanggilnya “Gran-Gran”. Suatu hari, Katara menemukan seorang anak bernama Aang yang terperangkap dalam bongkahan es. 

Bersama Sokka, mereka membebaskan Aang dan mengetahui bahwa dia adalah Sang Avatar, yang ditakdirkan untuk menguasai keempat elemen: udara, air, tanah, dan api. Untuk menjadi pengendali air yang mahir, Katara dan Sokka bergabung dengan Aang dalam petualangan mencari seorang guru pengendalian air.

Dalam musim kedua serial Avatar, Katara dan teman-temannya melakukan perjalanan melintasi Kerajaan Bumi dan menemukan seorang guru pengendalian tanah bagi Aang. Kemudian, dalam musim ketiga, mereka berlayar menggunakan kapal bekas Negara Api, memulai petualangan di Negara Api bersama pasukan Suku Air Selatan.

3. Sokka

Sokka adalah tokoh Avatar yang merupakan kakak Katara. Sokka berasal dari Suku Air Selatan di Kutub Selatan, dan tinggal bersama adik dan neneknya, Kanna yang akrab dipanggil “Gran Gran Kanna”. Pertemuan pertamanya dengan Aang terjadi setelah Katara membebaskan Aang dari bongkahan es. Awalnya, Sokka kurang ramah terhadap Aang, meskipun Aang dan Appa (bison peliharaan Aang) menyukainya.

Setelah mengetahui bahwa Aang adalah seorang Avatar, Sokka, seperti Katara, turut serta dalam petualangan bersama Aang. Meskipun tidak memiliki kemampuan mengendalikan unsur seperti yang dimiliki Aang dan Katara, Sokka memiliki keahlian dalam menggunakan senjata, terutama bumerang, dan sering memberikan gagasan cerdas serta strategi saat menghadapi masalah sulit.

Dalam serial Avatar, Sokka sering terlihat riang, konyol, namun kadang juga bisa membanggakan dirinya sendiri di hadapan wanita. Dia sering menjadi sasaran keberuntungan buruk di antara teman-temannya, tetapi beberapa wanita tampak tertarik padanya, termasuk Puteri Yue, Suki, dan Ty Lee.

4. Toph Beifong

Toph Beifong adalah seorang ahli pengendalian tanah yang buta dan menjadi pelatih Aang dalam ilmu pengendalian tanah. Dia adalah anak tunggal dari keluarga Beifong yang kaya raya, tinggal di kota Gaoling di wilayah Kerajaan Bumi. Orangtua Toph sangat melindungi anak mereka karena menganggap kebutaan Toph sebagai kelemahan.

Aang pertama kali bertemu Toph dalam turnamen Earth Rumble VI. Setelah menyaksikan kehebatannya, Aang meminta Toph menjadi gurunya dalam pengendalian tanah. Namun, orangtuanya menolak permintaannya untuk bergabung dengan Tim Avatar, sehingga Toph memutuskan untuk kabur dari rumah dan bergabung dengan mereka.

Dalam petualangannya, Toph memberikan banyak bantuan kepada Aang dan teman-temannya. Di bawah bimbingannya, Aang menjadi pengendali tanah yang sangat baik.

5. Zuko

Lahir dari pasangan Raja Api Ozai dengan Puteri Ursa, Zuko merupakan seorang pengendali api yang berbakat. Ia menolak bertarung dalam Agni Kai melawan ayahnya sendiri. Karena tindakannya itu, Zuko kemudian dibuang oleh ayahnya karena dianggap memberikan aib. Supaya kehormatannya kembali dan posisinya sebagai pewaris tahta kembali, dia diharuskan untuk menangkap Sang Avatar yakni Aang.

Awalnya ia adalah antagonis utama, namun ia mengalami perkembangan karakter yang kompleks. Ia mempertanyakan nasionalisme Negara Api dan pada akhirnya bergabung dengan Aang untuk menegakkan keadilan.

6. Appa

Dalam serial Avatar, Appa adalah satu-satunya bison terbang yang masih hidup. Gemar memakan jerami, ia setia menemani Aang. Ketika Aang dan Appa terperangkap dalam badai, Aang menciptakan gelembung udara besar untuk melindungi mereka, menyebabkan keduanya tertidur selama 100 tahun. 

Ditemukan oleh Katara dan Sokka, Appa dan Aang menjalin persahabatan dengan mereka. Appa, sebagai sarana transportasi utama, membantu Aang dan kawan-kawan dalam perjalanan mencari guru pengendalian unsur. Dalam petualangannya, Appa juga berteman dengan Momo dan Toph, menjadi bagian penting dari “Tim Avatar” yang dipimpin oleh Aang.

7. Momo

Momo, lemur bersayap dari Kuil Udara Selatan, pertama kali muncul di episode “The Southern Water Temple”. Awalnya merupakan liar, Momo diperebutkan oleh Aang dan Sokka, yang ingin memakannya. Aang menangkapnya dan menjadikannya hewan peliharaan, memberinya nama “Momo” dari buah persik yang dia pegang. 

Dalam serial Avatar, Momo adalah hewan piaraan lucu Aang yang mampu terbang dan membantu dalam situasi sulit. Dia sering dimanfaatkan oleh Aang, baik untuk trik atau penyusupan. Momo memiliki hubungan baik dengan Aang, kawan-kawan, dan Appa.

8. Iroh

Iroh, ahli pengendalian api dan putera Raja Api Azulon, adalah jenderal pensiunan Negara Api. Dia adalah kakak Raja Api Ozai dan ayah Lu Ten yang gugur. Iroh mengasuh keponakannya, Zuko, setelah kematian Lu Ten. Ketika Zuko diusir karena kejadian di Agni Kai, mereka merantau ke Ba Sing Se, membuka warung teh. 

Iroh membimbing Zuko untuk berhenti mencari Aang, fokus pada perdamaian. Meskipun dipenjara, ia bergabung dengan “Teratai Putih” memerangi Negara Api. Setelah perang, ia menikmati kedamaian bersama teman-temannya, menikmati teh di Ba Sing Se.

9. Raja Api Ozai

Raja Api Ozai, putera kedua Raja Api Azulon, menikahi Ursa dan memiliki Zuko dan Azula. Ia merebut tahta dengan cara memanfaatkan tragedi keluarga, berencana membunuh Zuko atas perintah Azulon. Namun, upaya tersebut gagal berkat intervensi Ursa. 

Setelah mengusir Zuko, Ozai lebih memilih Azula. Selama perang, Ozai menganggap Zuko sebagai pengkhianat namun berbalik mendukungnya ketika Zuko membantu melawan Avatar. Saat munculnya komet Sozin, ia meraih gelar “Raja Phoenix” tetapi ia kalah oleh Aang. Ozai menyerah, kehilangan gelar dan kekuasaannya, menjadi Raja Phoenix terakhir.

10. Azula

Azula adalah putri bungsu Raja Api Ozai dan adik perempuan Zuko dalam Avatar. Dia adalah pengendali api yang sangat kuat dan bengis. Azula dimanipulasi oleh ayahnya untuk menjadi mesin pembunuh dan membantu Negara Api menguasai dunia. Dia licik, manipulatif, dan haus kekuasaan. Azula menjadi salah satu antagonis utama dalam serial ini dan merupakan rival utama Aang dan Zuko.

Meskipun kejam, Azula memiliki sisi rapuh yang tersembunyi. Dia dihantui rasa tidak aman dan takut ditinggalkan. Pada akhir serial, dia mengalami gangguan mental dan harus dikurung di rumah sakit jiwa.

11. Hakoda

Hakoda adalah kepala Suku Air Selatan dan ayah dari Katara dan Sokka dalam Avatar: The Last Airbender. Dia adalah seorang pemimpin yang kuat dan bijaksana yang selalu berusaha melindungi sukunya. Ketika Negara Api menyerang, Hakoda memimpin pasukannya untuk melawan dan melindungi keluarganya. Dia juga membantu Aang dalam perjalanannya untuk mengalahkan Negara Api.

Hakoda adalah pria yang tegar dan berani. Dia selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk sukunya dan keluarganya. Dia adalah ayah yang penyayang dan selalu mendukung Katara dan Sokka. Hakoda adalah salah satu karakter yang paling dihormati dalam Avatar.

12. Putri Yue

Puteri Yue, bangsawan dari Kutub Utara, adalah puteri Ketua Suku Arnook. Meskipun Sokka tertarik, Yue menolak menjadi kekasihnya. Saat Roh Bulan terancam oleh Laksamana Zhao, Yue mengorbankan dirinya, memungkinkan Roh Bulan hidup kembali. Yue berubah menjadi arwah setelah meninggal, memberikan ciuman terakhirnya kepada Sokka sebelum menghilang. Dia muncul sebagai penampakan dalam episode “The Swamp”, memberikan pesan kepada Sokka.

13. Ty Lee

Ty Lee dalam Avatar: The Last Airbender adalah sahabat Azula, putri licik Negara Api. Awalnya, Ty Lee ceria dan energik, dia melarikan diri dari keluarganya yang penuh tekanan untuk bergabung dengan sirkus. Keahlian akrobatiknya yang mematikan dan pemahaman titik tekanan membuatnya menjadi petarung tangguh.

Loyal pada Azula, Ty Lee bertarung melawan Aang dan teman-temannya. Namun, kebaikan hatinya bersinar dan dia berteman dengan Suki, pemimpin Kyoshi Warriors. Pada akhirnya, Ty Lee meninggalkan Azula dan bergabung dengan Kyoshi Warriors, menggunakan keterampilannya untuk kebaikan.

14. Avatar Korra

Banyak orang awam yang berpikir bahwa satu-satunya Avatar dalam serial ini adalah Aang. Namun ternyata masih banyak nama-nama Avatar yang lain, salah satunya adalah Korra. Lahir di Suku Air Selatan, dia adalah pengendali air yang terampil dan pemberani.

Berbeda dengan Aang, Korra sudah menguasai 3 elemen (air, tanah, api) saat usianya 17 tahun. Dia harus belajar mengendalikan udara dan menghadapi berbagai tantangan, seperti Amon yang ingin mencabut kemampuan pengendalian elemen, dan Unalaq yang ingin membebaskan roh kegelapan Vaatu.

Korra adalah pemimpin yang kuat dan penuh tekad. Dia berusaha menjaga keseimbangan dunia dan melindungi orang-orang yang dia sayangi.

16. Avatar Roku

Avatar Roku adalah inkarnasi sebelum Aang. Bersahabat dengan Raja Api Sozin sejak kecil, Roku dipisahkan untuk menjadi Avatar. Setelah perjalanan dan berteman dengan Gyatso, Roku kembali dan menikah dengan Ta Min. Sozin ingin memperluas kekayaan, Roku menentangnya. Namun, saat gunung meletus, Roku dikhianati oleh Sozin dan meninggal. 

Meskipun Roku adalah seorang Avatar, ia kesulitan mengendalikan lava. Ini mengakhiri persahabatan mereka dan dimulainya zaman Perang Seratus Tahun. Roku meninggal setelah dikhianati, meninggalkan warisan peringatan tentang konsekuensi dari kelalaian dan keserakahan.

17. Laksamana Zhou

Bukan termasuk karakter Avatar 2 (musim kedua), Laksamana Zhao adalah antagonis utama dalam musim pertama Avatar: The Last Airbender. Dia adalah seorang perwira tinggi Negara Api yang ambisius dan kejam. Zhao terobsesi dengan menangkap Avatar Aang dan mendapatkan kejayaan.

Dia menggunakan taktik brutal dan tidak segan-segan mengorbankan apapun untuk mencapai tujuannya. Zhao memiliki tekad yang kuat dan tidak mudah menyerah. Dia bahkan rela bersekutu dengan roh jahat untuk mengalahkan Aang.

Pada akhirnya, Zhao menerima konsekuensi dari tindakannya dan mengalami kematian yang tragis. Dia menjadi contoh pemimpin yang korup dan haus kekuasaan.

18. Sozin

Sozin adalah Raja Api Negara Api sebelum Azulon dan Ozai dalam Avatar: The Last Airbender. Dia adalah sahabat Avatar Roku, tetapi ambisi Sozin untuk memperluas kekuasaan Negara Api menyebabkan keretakan dalam persahabatan mereka.

Sozin memulai Perang Seratus Tahun dengan menyerang Bangsa Pengembara Udara dan membantai mereka untuk menghentikan Avatar berikutnya. Dia juga bertanggung jawab atas kematian Avatar Roku.

Sozin digambarkan sebagai pemimpin yang kejam dan haus kekuasaan. Dia tidak segan-segan menggunakan cara apapun untuk mencapai tujuannya. Meskipun dia sudah meninggal sebelum Aang memulai perjalanannya, Sozin masih memiliki pengaruh besar dalam dunia Avatar.

19. Long Fen

Long Feng, dari Avatar: The Last Airbender, adalah Grand Sekretaris Ba Sing Se yang licik. Lewat jabatannya, dia mengendalikan Dai Li, polisi elit kota. Dia membohongi Raja Bumi Kuei soal perang dan mengisolasi sang Raja agar Long Feng bisa menguasai ibukota diam-diam. Dengan tipu muslihat dan manipulasi, dia nyaris berhasil menjadikan dirinya penguasa bayangan.

20. Whan Shi Tong

Wan Shi Tong adalah roh berbentuk burung hantu raksasa dan penjaga perpustakaan roh terbesar, Perpustakaan Roh. Dia berdedikasi mengumpulkan segala ilmu dan pengetahuan dunia. Awalnya, perpustakaannya terbuka untuk manusia, tapi kecewa karena mereka sering menyalahgunakannya untuk hal jahat. Marah, dia menarik perpustakaan kembali ke dunia roh. Meskipun begitu, Wan Shi Tong tetap menjadi sumber pengetahuan yang luas, meski dengan syarat ketat.

21. Smellerbee

Smellerbee adalah seorang gadis remaja pemberani dan pemberontak dari serial animasi Avatar: The Last Airbender. Dia berasal dari Suku Air Selatan dan merupakan salah satu anggota Freedom Fighters, gerakan perlawanan yang menentang Negara Api.

Smellerbee memiliki kemampuan pengendali tanah yang luar biasa. Dia gesit dan lihai dalam menggunakan tanah untuk menyerang dan melindungi diri. Dia juga pandai membuat jebakan dan strategi untuk mengalahkan musuhnya.

Smellerbee memiliki rasa cinta yang besar pada sukunya dan selalu ingin membantu orang lain. Dia adalah pejuang yang teguh dan tidak pernah menyerah dalam melawan Negara Api. Dia rela mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi orang-orang yang dia sayangi.

22. Master Piandao

Master Piandao adalah seorang ahli pedang legendaris dalam Avatar. Dia terkenal dengan keterampilannya yang luar biasa dan filosofinya yang mendalam tentang seni pedang. Piandao memiliki reputasi sebagai guru yang luar biasa, dan dia melatih banyak murid, termasuk Sokka.

Piandao adalah seorang pria yang tenang dan bijaksana. Dia percaya bahwa seni pedang bukan hanya tentang pertempuran, tetapi juga tentang disiplin diri dan pengembangan karakter. Dia mengajari Sokka tentang pentingnya keseimbangan, presisi, dan ketenangan dalam pertempuran.

Piandao memainkan peran penting dalam membantu Sokka menjadi seorang prajurit yang tangguh. Dia juga membantu Sokka untuk memahami arti keberanian dan tanggung jawab. Piandao adalah mentor yang berharga bagi Sokka, dan dia memiliki pengaruh besar pada perkembangannya sebagai seorang individu.

23. On Ji

On Ji, meski bukan karakter utama, muncul sekilas di Avatar: The Last Airbender. Dia adalah murid berprestasi di sekolah Fire Nation. Orangtuanya ingin dia kuliah di Ibukota dan menjadi istri bangsawan. Saat Aang menyamar sebagai Kuzon, murid baru, On Ji melihat Momo bersembunyi. Meski interaksi mereka singkat, pertemuan ini menunjukkan kehidupan normal anak muda Fire Nation di masa perang.

24. Pip Squek

Pip Squek adalah seekor lemur peliharaan yang menggemaskan milik Momo, lemur Aang, dalam Avatar. Pip Squek pertama kali muncul di episode “The Waterbending Master”. Momo menemukannya di hutan saat Aang dan Katara sedang berlatih pengendalian air.

Pip Squek memiliki bulu berwarna coklat muda dengan garis-garis hitam di punggungnya. Dia memiliki mata besar yang berwarna coklat dan ekor yang panjang dan lebat. Pip Squek sangat ramah dan suka bermain dengan Momo. Dia juga sangat cerdas dan dapat memahami beberapa perintah sederhana.

Pip Squek sering menemani Aang dan teman-temannya dalam perjalanan mereka. Dia membantu mereka dalam beberapa situasi, seperti ketika dia membantu Momo untuk melarikan diri dari Dai Li di Ba Sing Se. Pip Squek adalah teman setia Momo dan Aang, dan dia selalu membawa keceriaan dalam perjalanan mereka.

25. Chey

Karakter berikutnya dalam Avatar adalah Chey yang merupakan seorang prajurit Suku Air Selatan. Dia pertama kali muncul di episode “The Deserter”. Chey adalah teman dekat Hakoda, kepala suku, dan merupakan salah satu pejuang paling terampil di suku tersebut.

Chey memiliki kepribadian yang keras dan mudah marah. Dia tidak ragu untuk mengungkapkan pendapatnya, bahkan kepada Hakoda. Dia juga sangat protektif terhadap sukunya dan keluarganya.

Ketika Aang dan teman-temannya tiba di Suku Air Selatan, Chey awalnya mencurigai mereka. Namun, dia kemudian membantu mereka dalam pertempuran melawan Negara Api. Chey memainkan peran penting dalam membantu Aang dan teman-temannya melarikan diri dari Suku Air Selatan.

Chey adalah karakter yang berani dan teguh. Dia adalah simbol kekuatan dan ketahanan Suku Air Selatan.

26. Poppy Beifong

Poppy Beifong adalah seorang pengendali tanah terkenal sekaligus ibu dari Toph Beifong. Dia adalah seorang wanita yang teguh dan berprinsip, dan merupakan pemimpin yang dihormati di Ba Sing Se.

Poppy Beifong adalah kepala polisi Ba Sing Se, dan dikenal karena kegigihannya dalam menjaga keamanan kota. Dia tidak ragu untuk menegakkan hukum, bahkan terhadap orang-orang yang berkuasa.

Itulah 20+ karakter dalam Avatar yang perlu kamu tahu. Ingin membuat miniature atau action figure dari karakter Avatar favoritmu? Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan jasa 3D printing dari FOMU. Tersedia dengan berbagai pilihan bahan 3D print, serahkan urusan cetak 3D kamu hanya kepada FOMU!

Leave a comment