Kalau kamu sering ke toko mainan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan action figure atau semacamnya. Mungkin kamu juga mempunyai teman yang suka koleksi action figure. Misalnya temanmu yang suka jejepangan, bisa jadi kamar mereka dipenuhi oleh berbagai action figure anime.

Ternyata action figure sudah ada sejak dulu, yaitu sejak tahun 1930-an oleh perusahaan Marx Toys. Awal mulanya, action figure ini berupa tentara dan polisi yang kemungkinan karena pada masa itu perang dunia sedang terjadi.

Lalu pada tahun 1950-an, action figure mulai populer dengan munculnya action figure G.I Joe. Action figure ini semakin populer terutama di kalangan anak-anak dan remaja dengan munculnya action figure dari film yang legendaris yaitu Star Wars.

Kemudian pada tahun 1980-an, action figure Transformers dan Masters of the Universe mengangkat lebih tinggi kepopulerannya.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas serba-serbi action figure, mulai dari apa itu action figure, jenis-jenisnya, bahan-bahan yang digunakan untuk mencetak 3D action figure, serta teknik cetaknya.

Apa itu Action Figure?

Jadi sebenarnya apa itu action figure? action figure adalah figur kecil seperti miniatur yang biasanya diaggap sebagai mainan. Action figure terbuat dari plastik cetakan, sering kali dilengkapi dengan sendi-sendi yang dapat bergerak. 

Di situlah letak perbedaan action figure dengan figurin. Figurin adalah barang koleksi mirip dengan action figure tetapi tidak memiliki sendi-sendi yang dapat digerakkan sehingga biasanya dijadikan pajangan saja. Figurine adalah opsi yang lebih murah jika kamu menginginkan pajangan karakter favorit.

Action figure memiliki tujuan utama dalam mewakili karakter-karakter dari berbagai media hiburan, termasuk film, acara televisi, dan buku komik. Dengan kemampuan untuk meniru postur dan gerakan karakter aslinya, action figure tidak hanya menjadi objek koleksi bagi para penggemar, tetapi juga sarana bagi kreativitas dan imajinasi. 

Kamu juga dapat membeli action figure sebagai souvenir jika kamu berkunjung ke suatu acara yang menjual action figure seperti Comic Con. Di sana kamu dapat menemukan merchandise kesukaanmu.

Baca juga: Apa itu Miniatur? Simak Pengertian, Fungsi, Jenis & Pembuatannya!

Jenis-Jenis Action Figure

Berikut ini beberapa jenis action figure yang umum ditemukan:

1. Superhero

Jenis Action Figure Superhero

Penggemar superhero bisa jadi siapa saja, baik dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dengan banyaknya penggemar, tentunya merupakan kesempatan yang bagus bagi para pebisnis untuk menjual action figure superhero. Contohnya adalah action figure dari karakter Marvel atau DC.

Action figure superhero dapat merepresentasikan kekuatan dari karakter-karakter ikonik dalam dunia fiksi. Biasanya dilengkapi dengan aksesori seperti kostum atau senjata yang dapat diganti sesuai kemauan kita, sehingga dapat menciptakan atau mereplikasi karakter tersebut sesuai selera.

2. Robot

Jenis Action Figure Robot

Tidak hanya superhero, action figure robot juga menarik perhatian banyak orang. Contoh yang saat ini populer adalah dari series science fiction dari Jepang yang bernama Gundam. Dalam series Gundam, ditayangkan robot-robot raksasa nan futuristik. 

Contoh lain adalah dari film populer Transformers yang menampilkan robot-robot yang bisa berubah menjadi kendaraan. Dalam bentuk action figure nya juga dapat diubah dari robot ke bentuk kendaraan atau sebaliknya.

3. Anime

Jenis Action Figure Anime

Jika kamu berjalan-jalan ke mall dan pergi ke toko mainan yang menjual action figure, kamu pasti akan menemukan action figure anime dikarenakan maraknya penggemar anime di Indonesia. Kamu tidak akan kesulitan jika ingin menemukan action figure dari karakter anime favoritmu dari anime yang terkenal seperti Spy x Family atau  One Piece.

4. Game

Jenis Action Figure Game

Pengalaman bermain game pun dapat direalisasikan menjadi bentuk fisik dengan action figure. Sebagai contohnya, karakter mobile legend atau karakter terkenal dari seri video game Assassin’s Creed dengan karakter utamanya yaitu Ezio Auditore yang sering diabadikan dalam action figure.

Cara Merawat Action Figure Agar Tetap Awet

Tips Merawat Action Figure Agar Tetap Awet

Merawat action figure dengan baik dapat memperpanjang umur dan menjaga nilai koleksinya. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat action figure:

1. Hindari Sinar Matahari Langsung

  • Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan kerusakan pada action figure dengan beberapa cara. Sinar UV dapat memudarkan warna cat dan material plastik pada action figure.
  • Panas yang dihasilkan oleh sinar matahari juga dapat membuat plastik menjadi rapuh dan patah lebih mudah.
  • Untuk menghindari kerusakan ini, pastikan untuk menyimpan action figure di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung, seperti di dalam lemari atau ruangan yang tidak terkena cahaya langsung.

2. Gunakan Display Case

  • Display case adalah sarana yang baik untuk melindungi action figure dari debu, cairan, dan kerusakan fisik lainnya.
  • Display case juga bisa membantu mengurangi risiko gesekan antara action figure yang satu dengan yang lain jika Anda memiliki koleksi yang cukup besar.
  • Pastikan display case terbuat dari bahan yang jernih dan tidak menyebabkan kondensasi yang berlebihan di dalamnya.

3. Gunakan Kain Mikrofiber

  • Bersihkan action figure secara teratur untuk menghindari penumpukan debu yang bisa merusak cat atau membuat aksesori menjadi kusam.
  • Gunakan kain mikrofiber atau kuas halus untuk membersihkan action figure secara lembut, hindari penggunaan bahan kimia yang keras yang bisa merusak cat atau material plastik.

4. Hindari Menyimpan dalam Kotak yang Terlalu Rapat

  • Ketika menyimpan action figure dalam kotak, pastikan udara masih bisa beredar dengan baik di dalamnya.
  • Kotak yang terlalu rapat dapat menyebabkan kelembaban terperangkap di dalamnya, yang bisa menyebabkan kondensasi dan kerusakan pada action figure.
  • Gunakan kotak penyimpanan yang terbuat dari bahan yang memungkinkan sirkulasi udara, atau buat lubang ventilasi kecil di kotak jika perlu.

Perbedaan Action Figure dan Figurin

Bedanya Action Figure dan Figurin

Action figure dan figurin adalah dua jenis koleksi miniatur yang sering disalahartikan, Figurin adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada patung miniatur dari berbagai karakter, tokoh, atau entitas lainnya.

Figurin sering kali dirancang dengan tingkat detail yang tinggi dan beragam, seringkali merepresentasikan tokoh-tokoh dari film, komik, anime, manga, permainan video, atau budaya populer lainnya. Mereka bisa dibuat dari berbagai bahan seperti plastik, resin, logam, atau keramik.

Meskipun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

AspekAction FigureFigurin
DefinisiMiniatur karakter dengan sendi-sendi yang dapat diubah posisinya.Miniatur patung yang biasanya memiliki pose tetap.
TujuanBiasanya digunakan sebagai mainan dan barang koleksi.Biasanya digunakan sebagai barang koleksi atau dekoratif.
Tokoh yang DirepresentasikanBiasanya berdasarkan karakter-karakter dari film, komik, permainan video, dll. Seperti Marvel Legends, Princess Disney, Mobile Legend.Bisa berdasarkan karakter dari berbagai media, termasuk film, anime, manga, dll. Seperti Figma, Kotobukiya, Medicom Toy, One Piece.
BahanPlastik, PVC, dan metal.Resin, porselen, metal, dan batu
Ukuran3,75 inci hingga 12 inci.Lebih besar dari action figure.
HargaRelatif lebih murah.Relatif lebih mahal.

Apakah Action Figure Bisa 3D Printing?

Cetak 3D Mainan Action Figure

Ya, Action Figure Bisa Dicetak 3D! Teknologi pencetakan 3D (3D printing) membuka gerbang baru bagi para penggemar action figure. Kini, Anda dapat membuat action figure custom sesuai keinginan dengan detail yang luar biasa.

Bahan-Bahan Untuk Cetak 3D Action Figure

Bahan-bahan yang digunakan untuk cetak 3D action figure bermacam-macam. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini adalah beberapa contohnya:

  • Polyclactic Acid: Polylactic Acid atau PLA adalah pilihan yang umum digunakan untuk cetak 3D, termasuk action figure. PLA bersifat biodegradable dan ramah lingkungan karena menggunakan bahan yang dapat diperbaharui seperti maizena atau tebu. 
  • Acrylonitrile Butadiene Styrene. Karena dikenal sebagai bahan yang kuat dan tahan lama, acrylonitrile butadiene styrene atau ABS merupakan bahan yang baik untuk mencetak action figure yang membutuhkan ketahanan kuat. 
  • Logam. Bahan logam dikenal karena kuat, tahan lama, dan tahan korosi sehingga sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan kinerja mekanis tinggi. Proses pencetakan dengan logam menggunakan teknik canggih seperti direct energy deposition (DED) dan powder bed fusion(PBF).
  • Resin. Pencetakan action figure resin, seperti SLA (Stereolithography) atau DLP (Digital Light Processing), menghasilkan hasil cetakan yang sangat detail dengan permukaan yang halus. Resin seringkali menjadi pilihan utama untuk action figure yang membutuhkan detail rumit dan tingkat akurasi yang tinggi. Namun pencetakan dengan plastik seringkali membutuhkan peralatan yang lebih canggih dan langkah pasca produk di yang lebih kompleks.

Teknik Cetak Action Figure

Sama seperti bahan-bahan yang digunakan, tekniknya pun bermacam, serta memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  • Fused Deposition Modeling (FDM). Cara kerja teknik fused deposition modeling adalah dengan melelehkan filamen plastik seperti PLA, ABS, atau PETG. Lalu melapisinya sesuai model 3D yang telah disiapkan. Lapisan demi lapisan ini yang akan membentuk objek action figure 3D yang utuh.
  • Stereolithography (SLA). Stereolithography menggunakan sinar laser untuk memadatkan resin langsung dari model 3D. Resin terkena sinar laser lalu akan mengeras lapis demi lapis, membentuk objek 3D yang akurat.
  • Digital Light Processing. Teknik Digital Light Processing, proses ini melibatkan penggunaan proyektor. Proyektor tersebut mengerasakan resin fotopolimer satu per satu lapis, dengan mengerasakan area yang dipilih sesuai dengan model printer 3D sedangkan area sekitarnya tidak dipadatkan. 

Setelah paham apa itu action figure dan seluk beluknya, mungkin kamu tertarik membuat action figure khusus karakter kesukaanmu. Kamu dapat mencoba jasa 3d printing FOMU yang menawarkan pencetakan 3D sesuai permintaanmu. Kunjungi FOMU sekarang untuk menjadikan imajinasimu kenyataan!

Leave a comment