Marvel Cinematic Universe (MCU) saat ini menjadi seri film superhero yang banyak dinanti oleh para penggemar. Mulai dari Iron Man (2008) hingga yang terbaru The Marvels (2024). Lewat deretan film tersebut, para penggemar dapat menyaksikan aksi berbagai karakter Marvel yang populer dan banyak menjadi superhero favorit. 

Total ada lebih dari puluhan superhero yang telah muncul dalam film MCU. Namun, dari sekian banyak karakter superhero tersebut, ada 10 di antaranya yang mendapatkan label sebagai superhero terpopuler dan terfavorit. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah daftarnya.

Baca juga: 36 Daftar Karakter Mobile Legends Berdasarkan Role

1. Iron Man

Superhero Marvel favorit yang pertama adalah karakter Iron Man. Karakter yang satu ini memang unik. Tokoh dibalik Iron Man, Tony Stark, sejatinya tidak mempunyai kekuatan super dalam bentuk apapun. Kekuatan utamanya adalah pikirannya yang jenius dan kekayaannya.

Perpaduan antara pikiran jenius dan nilai kekayaan yang berlimpah, membuat Tony mampu menciptakan berbagai peralatan canggih. Dengan menggunakan armor berteknologi tinggi miliknya, Iron Man bisa mengimbangi kekuatan Hulk. Bisa terbang, dan bahkan dapat bertarung sengit 1 lawan 1 dengan Thanos. 

2. Captain America

Selanjutnya, ada karakter Captain America yang mempunyai nama asli Steve Rogers. Super hero Marvel yang satu ini adalah sosok pemimpin dari Avengers. Keberadaannya begitu krusial dalam MCU. Apalagi, Captain America merupakan karakter Marvel pertama yang digambarkan sebagai superhero dengan kekuatan super. 

Awal mula keberadaan Captain America adalah serum super-soldier. Serum inilah yang menjadi sumber kekuatan dan mengubah Rogers menjadi sosok Captain America. Dengan serum tersebut, dia punya kekuatan, kelincahan, refleks, penyembuhan, daya tahan, serta ketahanan jauh di atas manusia biasa.

3. Spider-Man

Berikutnya, ada karakter Marvel Spider-Man. Sosok dengan nama asli Peter Parker ini mendapatkan kekuatan supernya berkat gigitan laba-laba yang mengalami mutasi. Gigitan tersebut kemudian membuat Parker punya kekuatan super. Quote dari Uncle Ben, “With great power comes great responsibility” menjadi langkah awal Parker menjadi sosok superhero.

Lalu, kekuatan super seperti apa yang didapatkan oleh karakter Spider-Man setelah mendapatkan gigitan dari laba-laba mutan? Tak cuma memiliki kekuatan fisik yang meningkat drastis. Parker juga punya kekuatan super lain, termasuk di antaranya adalah kemampuan sensorik, menempel di dinding, mengeluarkan jaring laba-laba, penyembuhan, serta refleks super cepat. 

4. Thor

Marvel hero yang terkenal berikutnya ada pada sosok Thor. Karakter yang satu ini memang begitu ikonik. Thor memiliki ciri khas pada kemampuannya yang bisa mengeluarkan petir. Selain itu, Thor yang merupakan salah satu sosok dewa dari Asgard mempunyai kekuatan fisik yang jauh melebihi manusia biasa. 

Di MCU, Thor mengawali kemunculannya dengan senjata khas miliknya, yakni palu Mjolnir. Palu ini punya ciri khas hanya bisa diangkat oleh Thor. Kekuatan Thor pun meningkat seiring dengan kepemilikan senjata barunya, yakni Stormbreaker yang punya bentuk unik, kombinasi antara palu dan kapak. 

5. Hulk

Berikutnya, ada nama karakter Marvel Dr. Bruce Banner atau Hulk. Dalam MCU, Hulk mendapatkan kekuatannya karena radiasi sinar gamma tingkat tinggi. Radiasi tersebut membuatnya bisa berubah menjadi makhluk hijau raksasa yang punya kekuatan super luar biasa.

Saat berubah menjadi karakter Hulk, Bruce Banner tidak cuma memiliki fisik raksasa. Pada kondisi tersebut, Hulk punya kekuatan yang super kuat. Selain itu, Hulk juga bisa melakukan lompatan super, kecepatan super, tingkat ketahanan tubuh yang luar biasa, serta stamina yang seolah tak pernah habis.

6. Black Widow

Berbeda dengan hero marvel lain, Black Widow adalah sosok manusia biasa. Tidak ada kekuatan super yang melekat pada tubuhnya. Meski begitu, bukan berarti sosok dengan nama asli Natasha Romanoff ini merupakan karakter yang lemah. Bahkan, Black Widow termasuk salah satu karakter kunci di MCU. 

Bergabung sebagai salah satu anggota inti Avengers, Black Widow merupakan seorang mata-mata terlatih. Bahkan, termasuk salah satu mata-mata terbaik. Selain itu, Natasha juga memiliki kemampuan beladiri jarak dekat yang luar biasa. Sebagai tambahan, ada pula kemampuan peretasan, menembak jitu, dan ahli membunuh.

7. Hawkeye

Ada pula karakter Marvel yang tak memiliki kemampuan super selain Black Widow, yakni Hawkeye alias Clint Barton. Kemampuan utama yang ada pada sosok Hawkeye adalah keahliannya dalam memanah secara akurat. Keahlian tersebut didapatkannya berkat dari latihan keras yang dijalankannya selama bertahun-tahun. 

Di MCU, karakter Hawkeye termasuk core member dari Avengers. Barton digambarkan merupakan salah satu mantan agen spesial SHIELD. Oleh karena itu, tidak cuma memiliki kemampuan memanah dengan akurasi tinggi. Namun, dia juga punya keahlian pertarungan jarak dekat yang sangat bagus.

8. Loki

Karakter Loki pertama kali muncul di MCU sebagai sosok villain dalam film Thor (2011). Namun, seiring waktu, karakter Marvel yang satu ini mengalami transformasi dan perkembangan yang cukup menarik. Apalagi, Loki rela mengorbankan dirinya saat melindungi Thor.

Seperti halnya Thor, Loki adalah salah satu dewa Asgard dan merupakan anak angkat dari Odin. Sebagai dewa, Loki jelas memiliki kekuatan fisik tinggi. Selain itu, Loki juga punya sederet kemampuan super lainnya, termasuk di antaranya adalah refleks yang cepat, manipulasi es, manipulasi ilusi, serta menembakkan energi berwarna hijau dari kedua tangannya.

9. Doctor Strange

Deretan superhero favorit selanjutnya di MCU adalah karakter Doctor Strange yang punya nama lengkap Dr. Stephen Strange. Karakter yang satu ini mempunyai latar belakang seorang dokter. Hanya saja, kariernya hancur setelah tulang pada bagian tangannya hancur. Saat mengalami kecelakaan. 

Dalam upaya mencari pengobatan, Dr. Strange bertemu dengan Ancient One, sosok Sorcerer Supreme. Pertemuan tersebut membuat Strange mempunyai ketertarikan belajar sihir. Keahliannya dalam sihir menjadikan Strange sebagai salah satu karakter Marvel terkuat.  

10. Scarlet Witch

Terakhir, ada karakter Scarlet Witch alias Wanda Maximoff. Perannya sangat penting dalam pertarungan antara Avengers melawan Thanos. Meski begitu, Wanda juga sempat menjadi villain pada film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Scarlet Witch sendiri termasuk sebagai salah satu karakter Marvel terkuat di MCU. Kemampuan utama yang ada pada Scarlet Witch adalah chaos magic. Chaos magic tersebut pernah digunakannya untuk mengendalikan para superhero dalam film Age of Ultron. Bahkan, Scarlet Witch berhasil mendesak Thanos sendiri tanpa bantuan hero lain. 

Baca juga: 31 Karakter One Piece Paling Viral, Nakama Wajib Tahu Nih!

Nah, itulah 10 karakter Marvel terfavorit dan paling populer di kalangan para pencinta film Marvel. Bisa jadi, Anda termasuk salah satu di antaranya. Sebagai bentuk kecintaan, Anda wajib memiliki action figure dari karakter-karakter superhero tersebut.

FOMU dapat membantu Anda dalam mengoleksi action figure para superhero kuat di MCU dengan mudah. Anda bisa mencetak karakter superhero dengan teknologi 3D printing dari Fomu. Dengan begitu, Anda dapat mempunyai action figure yang berpenampilan unik, beda dengan yang lain. 

Leave a comment