Disney dikenal sebagai perusahaan yang banyak melahirkan film animasi legendaris. Film-film tersebut pun memunculkan karakter legendaris yang terkenal sepanjang masa. Di antara banyak tokoh yang telah mereka buat, ada 12 deretan karakter princess Disney yang begitu ikonik. 

Kalau Anda termasuk salah satu penggemar film Disney, Anda pasti sudah sangat familier dengan nama-nama princess Disney ikonik dan legendaris tersebut. Siapa saja mereka? Simak kisah dan asal-usulnya secara singkat berikut ini, yuk!

Baca juga: 31 Karakter One Piece Paling Viral, Nakama Wajib Tahu Nih!

1. Snow White (1937)

Tokoh pertama yang begitu terkenal dan populer dari Disney adalah karakter Snow White. Nama Putri Snow White muncul pertama kali dalam film animasi Snow White and the Seven Dwarfs. Di situ, karakter Snow White digambarkan sebagai sosok putri dengan suara merdu. Sifat Princess Snow White yang baik hati, digambarkan begitu kontras dengan Sang Ratu jahat yang merupakan sosok ibu tirinya.. 

Kecemburuan Sang Ratu terhadap kecantikan Snow White Disney Princess menjadi awal mula drama dalam film ini. Ratu jahat tersebut pun melakukan apa saja untuk membunuh Putri Salju. Sampai akhirnya dia berhasil memberikan apel beracun yang kemudian dimakan oleh Snow White. Apel tersebut kemudian membuat tertidur. 

Kisah tentang Snow White yang tak bisa bangun dari tidurnya, tersebar luas ke seantero negeri. Sampai akhirnya, datanglah nama Pangeran Snow White, yakni Pangeran Florian yang menolong dan menyelamatkan Putri Salju yang tengah tak sadarkan diri. Jika kamu bertanya karakter disney apa yang suka berbicara di depan cermin dalam film Snow White adalah Evil Queen atau ratu jahat. Evil Queen juga penjahat dalam film Snow White and the Seven Dwarfs.

2. Cinderella (1950)

Berikutnya, ada karakter Putri Cinderella yang tidak kalah ikonik. Karakter Cinderella pertama kali muncul dalam film Cinderella pada tahun 1950. Tidak hanya cantik, sifat Princess Cinderella juga digambarkan sangat baik, dewasa, dan sangat sabar. Kisah Cinderella Disney begitu terkenal dengan proses transformasi sosok Cinderella. 

Jika kamu bertanya karakter disney yang suka berbicara dengan tikus dan memiliki ibu peri? Jawabannya adalah Cinderella. Dalam film Disney Cinderella, Cinderella adalah seorang putri yang baik hati dan pekerja keras yang tinggal bersama ibu tirinya yang jahat dan dua saudara tirinya. Cinderella memiliki teman baik bernama Jaq dan Gus, dua tikus yang dapat berbicara. Jaq dan Gus sering membantu Cinderella dengan pekerjaan rumah dan tugas-tugas lainnya.

Cinderella juga memiliki ibu peri pelindung bernama Fairy Godmother. Fairy Godmother muncul untuk membantu Cinderella pada malam pesta dansa kerajaan. Fairy Godmother mengubah Cinderella menjadi seorang putri cantik dan memberikannya kereta kencana ajaib.

Putri Cinderella yang awalnya terlihat sederhana, menjadi sosok yang begitu cantik dan elegan. Dalam film ini, ada pula karakter lain yang tidak kalah ikonik, yakni Prince Charmin yang merupakan nama Pangeran Cinderella dan Lady Tremaine yang tak lain adalah nama ibu tiri Cinderella. Karakter disney yang suka berbicara dengan tikus dan memiliki ibu peri ialah ibu tiri cinderella

3. Aurora (1959)

Berikutnya adalah karakter Aurora yang merupakan tokoh utama dalam film Sleeping Beauty. Film ini bercerita tentang kisah Putri Aurora mendapat kutukan penyihir kalau dia akan mati pada usia 17 tahun. Lalu, muncul peri yang memberikan hadiah mantra untuk meringankan kutukan penyihir. Alih-alih mati, Aurora akan tertidur panjang. 

Sampai suatu ketika, kutukan penyihir terwujud. Aurora Princess Disney tertusuk jarum dan kemudian tak sadarkan diri. Sang peri kemudian mengeluarkan mantra agar setiap orang yang ada di dalam kerajaan turut tertidur. Hingga akhirnya, muncul Pangeran Philip, nama pangeran Aurora yang menjadi penyelamat. 

4. Ariel (1989)

Princess Ariel adalah salah satu karakter ikonik dari dunia Disney yang telah memikat jutaan hati penonton sejak munculnya dalam film animasi “The Little Mermaid” pada tahun 1989. Ariel, yang merupakan putri duyung dengan hasrat besar terhadap dunia manusia, memiliki sifat yang penuh semangat, penasaran, dan penuh keberanian.

Keinginannya untuk menjelajahi dunia di atas permukaan laut, meskipun dengan mengorbankan identitas duyungnya, menggambarkan tekadnya untuk mengikuti impian dan mencari kebahagiaan. Karakternya yang ramah, pemikiran terbuka, dan keteguhan hati telah membuatnya menjadi salah satu tokoh yang dicintai oleh berbagai kalangan.

Selain kecantikan fisiknya, Ariel juga dikenal karena keindahan suaranya yang memukau. Dengan kombinasi semua kualitas ini, Princess Ariel menjadi simbol inspirasi bagi banyak penonton, mengajarkan nilai-nilai seperti keberanian, ketekunan, dan kebebasan untuk mengejar impian.

5. Belle (1991)

Kalau Princess Disney lainnya merupakan karakter yang mempunyai pasangan berwajah tampan, lain halnya dengan Putri Belle. Karakter Princess Belle yang merupakan tokoh princess kelima dari Disney muncul pertama kali pada tahun 1991 dalam film Beauty and the Beast

Dalam film Beauty and the Beast, sifat Princess Belle digambarkan sebagai sosok yang cerdas dan berintelegensi tinggi. Dia juga tidak terlalu mempermasalahkan penampilan fisik seseorang. Oleh karena itu, tidak merasa terganggu dengan penampilan nama pangeran Princess Belle, Beast, yang buruk rupa. 

6. Jasmine (1992)

Berikutnya, ada karakter Putri Jasmine yang merupakan salah satu tokoh kunci dalam film Aladdin (1992). Dalam film tersebut, sifat Princess Jasmine adalah sosok yang baik hati serta memiliki penampilan yang sangat cantik. Selain itu, dia juga diperlihatkan punya kecerdasan serta kemandirian tinggi. 

Dalam cerita Aladdin, Putri Jasmine menjadi gambaran dari tokoh feminis. Dia dengan tegas menolak permintaan Sultan yang ingin menjodohkannya dengan pangeran. Alih-alih, ingin mencari sosok pria yang dicintainya sendiri. Hingga akhirnya, dia bertemu dengan Aladdin yang tak lain adalah nama pangeran Princess Jasmine.

7. Pocahontas (1995)

Pada tahun 1995, Disney melahirkan karakter baru princess Disney dalam film dengan judul Pocahontas. Dalam film tersebut, Putri Pocahontas merupakan seorang wanita dari salah satu suku Indian di Amerika. Film ini menceritakan tentang kisah cintanya dengan sosok nama Pangeran Pocahontas, yang tak lain adalah Kapten John Smith. 

Hanya saja, kisah cinta di antara keduanya harus terhalang oleh situasi yang sangat sulit. Apalagi, keduanya merupakan tokoh berpengaruh dari dua kelompok yang saling bertikai, yakni Kapten John Smith dari kubu penjajah serta karakter Princess Pocahontas yang merupakan suku asli. 

Dalam film tersebut, Pocahontas ditampilkan dengan sosok yang cantik dengan penampilan sederhana. Tak hanya cantik, Disney menggambarkan sifat Princess Pocahontas sebagai wanita yang anggun, pintar, bijaksana, sederhana, dan pencinta kedamaian.

8. Mulan (1998)

Karakter Disney Princess selanjutnya datang dari negeri Tirai Bambu Tiongkok, yakni Mulan. Karakteristik dan sifat Princess Mulan beda dengan putri Disney lain. Mulan memiliki sifat yang kuat dan memiliki ketegasan tinggi. 

Dalam filmnya, gambaran karakter Princess Mulan yang tegas dan berani terlihat begitu menonjol. Apalagi, Putri Mulan memiliki keberanian untuk berpura-pura menjadi prajurit laki-laki. Keberanian itu pula yang mengantarkan pertemuannya dengan sosok Li Shang, nama pangeran Mulan.

9. Tiana (2009)

Ada pula tokoh princess Disney bernama Tiana yang muncul dalam film The Princess and the Frog pada 2009. Sifat Princess Tiana menjadi gambaran klasik dari para putri dari Disney, memiliki karakter sederhana, cerdas, serta pekerja keras. 

Cerita ini begitu menarik dan menggambarkan perubahan sosok Putri Tiana, dari seorang wanita biasa menjadi pasangan dari seorang pangeran. Nama Pangeran Tiana tersebut adalah Pangeran Naveen yang berasal dari Maldonia. 

Dalam proses tersebut, Tiana bertemu dengan Pangeran Naveen yang bersosok katak karena telah dikutuk oleh penyihir. Karakter Princess Tiana pun mencium katak tersebut dan kemudian berubah menjadi pangeran yang tampan. Namun, siapa yang menyangka kalau kutukan tersebut ternyata pindah ke tubuh Tiana. Duh!

10. Rapunzel (2010)

Tokoh Putri Rapunzel dimunculkan pertama kali oleh Disney dalam film Tangled pada tahun 2010. Karakter Princess Rapunzel begitu ikonik dengan rambutnya yang sangat panjang dan menyimpan daya magis tersendiri. Sifat Princess Rapunzel digambarkan sebagai sosok yang cerdas, penyayang, enerjik, dan punya rasa penasaran tinggi. 

Rapunzel digambarkan sebagai seorang putri yang harus tinggal dalam sebuah menara terisolasi. Di situ, dia kemudian bertemu dengan Flynn Rider yang kemudian menjadi sosok nama Pangeran Rapunzel. Keduanya pun memutuskan untuk melakukan penjelajahan dan akhirnya menikah dengan Flynn yang punya nama lahir Eugene Fitzherbert.

11. Elsa dan Anna (2013)

Film Frozen (2013) menceritakan kisah dua kakak beradik, Elsa dan Anna, yang berasal dari Kerajaan Arendelle. Elsa adalah putri sulung yang memiliki kekuatan magis untuk mengendalikan es dan salju. Kekuatan ini muncul ketika Elsa masih kecil, dan dia tidak tahu bagaimana cara mengendalikannya.

Elsa adalah putri sulung dari Kerajaan Arendelle. Dia memiliki kekuatan magis untuk mengendalikan es dan salju. Kekuatan ini muncul ketika Elsa masih kecil, dan dia tidak tahu bagaimana cara mengendalikannya.

Elsa adalah gadis yang cantik dan anggun, dengan rambut panjang berwarna biru dan mata berwarna biru tua. Dia memiliki kepribadian yang tertutup dan pemalu, karena dia takut akan kekuatannya. Dia juga sangat penyayang dan peduli terhadap orang lain, terutama adiknya, Anna.

Elsa adalah karakter yang kompleks dan menarik. Dia adalah seorang wanita yang kuat dan mandiri, tetapi dia juga memiliki sisi yang rapuh dan rentan. Dia adalah contoh bagaimana seseorang dapat mengatasi ketakutan dan menerima diri sendiri.

Anna adalah putri bungsu dari Kerajaan Arendelle. Dia adalah gadis yang ceria dan penuh semangat, dengan rambut panjang berwarna merah dan mata berwarna biru. Dia memiliki kepribadian yang blak-blakan dan tidak takut untuk mengambil risiko. Dia juga sangat mencintai kakaknya, Elsa, dan ingin selalu bersamanya.

12. Moana (2016)

Moana adalah seorang putri Disney yang berasal dari Pulau Motunui. Dia adalah putri sulung dari Kepala Tui dan Sina. Moana adalah gadis yang kuat, mandiri, dan berani. Dia memiliki mimpi untuk menjelajahi lautan dan mengembalikan hati Te Fiti.

Moana adalah seorang gadis yang ceria dan penuh semangat. Dia selalu ingin tahu tentang dunia luar, dan dia tidak takut untuk mengambil risiko. Dia juga sangat peduli terhadap orang-orangnya, dan dia bertekad untuk melindungi mereka.

Moana memiliki hubungan yang dekat dengan neneknya, Tala. Tala adalah seorang wanita bijak dan bijaksana, dan dia selalu mendukung Moana. Tala adalah yang pertama kali meyakinkan Moana untuk mengikuti mimpinya.

Moana juga memiliki hubungan yang baik dengan ayahnya, Tui. Tui adalah seorang kepala suku yang bijaksana dan adil. Dia mencintai Moana dan ingin melindunginya, tetapi dia juga ingin Moana mengikuti tradisi suku mereka.

Moana menghadapi banyak tantangan dalam perjalanannya untuk mengembalikan hati Te Fiti. Dia harus menghadapi badai, monster laut, dan Maui, seorang demigod yang telah mencuri hati Te Fiti. Namun, Moana tidak menyerah, dan dia akhirnya berhasil mencapai tujuannya.

Moana adalah seorang putri Disney yang modern dan progresif. Dia adalah contoh bagaimana perempuan dapat menjadi kuat, mandiri, dan berani, bahkan tanpa pernikahan atau anak. Moana adalah seorang panutan bagi anak perempuan di seluruh dunia.

Nah, itulah 10 karakter Princess Disney yang paling ikonik dan terkenal. Bagi para pencinta Disney, keberadaan karakter-karakter tersebut sangatlah menarik. Apalagi, kalau bisa mengoleksi action figure dari para putri tersebut. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengoleksi action figure dari para putri Disney yang cantik dan elegan tersebut, saat ini ada solusi praktis. Anda bisa memanfaatkan layanan dari FOMU. Fomu sebagai jasa 3d printing membantu Anda untuk mencetak action figure dari tokoh favorit dengan teknologi cetak 3D yang canggih. Hasilnya bisa sangat detail, lho!

Baca juga: 10 Karakter Marvel yang Terpopuler & Favorit, Mana Pilihan Anda?

Leave a comment