Pernah mendengar apa itu souvenir?  Souvenir adalah barang atau sesuatu yang sifatnya sebagai kenang-kenangan dari suatu tempat, biasanya saat jalan-jalan atau bertamasya. Membeli souvenir adalah hal yang tidak aneh lagi bagi wisatawan. 

Hampir setiap wisatawan membawa buah tangan tersebut sebagai bentuk bukti bahwa pernah ke tempat wisata yang mereka kunjungi.

Jenis souvenir yang dibeli pun beragam, mulai dari aksesoris hingga peralatan rumah tangga. Dari fungsinya juga dapat bermacam-macam, tak hanya sebagai bukti bahwa pernah mengunjungi suatu tempat. Artikel ini akan membahas fungsi dari souvenir, jenis-jenisnya, dan perbedaannya dengan cinderamata.

Fungsi Souvenir

Kegunaan Plakat

Pada umumnya, fungsi souvenir adalah sebagai kenang-kenangan. Namun, berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai fungsi lainnya:

1. Sebagai Kenang-kenangan

Peran kenang-kenangan memang penting bagi hampir semua wisatawan.  Mereka mengangga souvenir sebagai pengingat momen istimewa. Ada juga yang mengatakan bahwa souvenir bertindak sebagai bukti fisik yang dapat dikenang lebih lama karena jika hanya mengandalkan ingatan maka akan memudar seiring waktu.

Beberapa yang lain pun berpendapat bahwa merasa bahagia saat  souvenir dapat membuat mereka merenung dan mengingat kembali mengenai tempat-tempat yang pernah dikunjungi.

2. Hadiah Kepada Orang Lain

Banyak orang senang mengoleksi souvenir bukan hanya sebagai kenang-kenangan pribadi, melainkan juga sebagai hadiah istimewa untuk keluarga dan teman. Beberapa melihat pemberian souvenir sebagai bagian dari tradisi memberi hadiah, seringkali menggabungkannya dengan kado ulang tahun atau Natal. 

Selain itu, souvenir juga dianggap sebagai cara populer untuk menyiapkan hadiah untuk kesempatan lain, seperti sebagai kado hari raya tertentu, menunjukkan bahwa souvenir tidak hanya simbol kenangan perjalanan, tetapi juga cara yang efektif untuk menyampaikan perasaan kepada orang terdekat.

3. Simbol dari Suatu Tempat

Jika kamu berkunjung ke suatu tempat, pastinya tempat tersebut mempunyai ciri khas tersendiri. Misal Bali yang mempunyai pura sebagai ciri khasnya. Maka banyak dijual souvenir kaos bergambarkan pura sebagai desain khas Bali.  

Produk yang memiliki ciri khas suatu daerah tentunya akan secara tidak langsung mempromosikan daerah tersebut.

Jenis-Jenis Souvenir

Setelah mengetahui apa itu souvenir dan fungsinya, kini giliranmu untuk mengenal jenis souvenir yang bermacam.

1. Mainan

Jenis Souvenir Mainan

Saat berkunjung ke tempat rekreasi, mungkin kamu akan menemukan mainan yang dijual di sekitar tempat wisata. Terutama jika kamu membawa anak-anak, pastinya mereka akan mudah tertarik kepada mainan yang dijual tersebut.

Contoh tempat wisata yang menyediakan mainan sebagai souvenir adalah Dufan. Terdapat berbagai mainan seperti robot, action figure, lego, puzzle, dan sebagainya. Tak Cuma mainan modern, di sana juga terdapat mainan tradisional khas Indonesia yang cocok untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak.

2. Aksesoris

Jenis Souvenir Aksesoris

Bagi kaum hawa yang gemar memakai aksesoris, oleh-oleh berupa perhiasan etnik pasti akan memberikan kesan yang istimewa. Di Indonesia sendiri memiliki beragam kerajinan aksesori yang mencerminkan kekhasan dari setiap wilayah. 

Contohnya, Dayak terkenal dengan kerajinan manik-maniknya yang memukau, Jogjakarta juga dikenal dengan kerajinan peraknya yang menarik perhatian. Kain tenun khas Lombok dan daerah lain di Nusa Tenggara juga menjadi pilihan oleh-oleh yang menarik. 

Kain tenun tersebut dapat diolah menjadi syal, selendang, atau baju yang memukau. Proses pembuatannya yang dilakukan secara manual dengan tangan dan menggunakan alat tradisional memberikan nilai estetika yang unik pada kain tenun ini. 

Aksesoris juga dapat berupa merchandise dari suatu perusahaan atau grup. Misalnya grup band yang sedang konser dapat menjual merchandise ekslusif yang hanya ditemukan di konser mereka.

3. Peralatan Rumah Tangga

Jenis Souvenir Peralatan Rumah Tangga

Souvenir tidak hanya terbatas pada hiasan semata. Dalam kategori peralatan rumah tangga, souvenir hadir dengan sentuhan fungsionalitas yang memberikan nilai tambah dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh souvenir untuk peralatan rumah tangga adalah cangkir. cangkir yang mempunyai desain khas. Cangkir dapat dihias dengan sentuhan cetak 3D yang merepresentasikan budaya setempat. Selain cangkir, pisau dapur dengan gagang berhias cetakan 3D dapat mencakup simbol-simbol lokal atau motif tradisional.  

4. Kerajinan Tangan

Jenis Souvenir Kerajinan Tangan

Banyak macam kerajinan tangan yang bisa kamu beli sebagai souvenir menarik.  Kerajinan tangan ini merupakan bukti dari kreatifitas pengrajin itu sendiri. Bentuknya pun bermacam-macam.

Contoh kerajinan tangan khas yang populer adalah wayang, seperti wayang kulit dan wayang golek. Selain itu, topeng Bali dan kipas khas Bali juga dapat menjadi pilihan. Jika kamu berencana untuk membeli kerajinan tangan dalam jumlah banyak, gantungan kunci mungil pun juga merupakan pilihan yang tepat.

5. Hiasan Dinding

Jenis Souvenir  Hiasan Dinding

Bukan hanya dapat ditempatkan dengan indah di dalam lemari kaca atau diletakkan secara elegan di atas meja, tetapi beberapa souvenirmu juga memiliki fungsi untuk ditempel pada dinding. 

Kamu bisa memilih untuk mendekorasi dinding dengan lukisan-lukisan eksklusif yang menggambarkan keindahan tempat yang telah kamu kunjungi, atau foto-foto indah yang diberikan sentuhan spesial oleh bingkai yang mencerminkan kekhasan daerah tersebut. 

Selain itu, plakat unik yang mencatat momen-momen berharga dari perjalananmu juga bisa menjadi pilihan menarik sebagai hiasan dinding kamar atau ruang tamu.

Selain jenis – jenis souvenir diatas ada banyak sekali souvenir yang bisa dicetak menggunakan printer 3D, dengan berbagai macam desain dan fungsi. Berikut beberapa contohnya:

  • Gantungan kunci dengan bentuk logo, nama tempat, atau desain unik lainnya.
  • Miniatur landmark atau tempat wisata.
  • Patung kecil karakter kartun atau anime.
  • Magnet kulkas dengan desain 3D yang menarik.
  • Tempat pensil atau alat tulis dengan desain custom.
  • Pembuka botol dengan bentuk unik.
  • Casing handphone dengan desain custom.

Jenis Cetak 3D untuk Souvenir

Teknik Cetak 3D untuk Souvenir

Ada beberapa jenis cetak 3D yang bisa digunakan untuk membuat souvenir, antara lain:

1. Fused Deposition Modeling (FDM)

Fused Deposition Modeling adalah jenis cetak 3D yang paling umum digunakan. FDM bekerja dengan melelehkan filamen plastik dan kemudian melapisinya untuk membentuk objek 3D. FDM adalah pilihan yang baik untuk souvenir yang membutuhkan banyak detail dan memiliki bentuk yang kompleks.

2. Stereolithography (SLA)

Stereolithography adalah jenis cetak 3D yang menggunakan resin cair yang dikeraskan dengan sinar laser untuk membentuk objek 3D. SLA menghasilkan objek 3D dengan permukaan yang halus dan presisi tinggi. SLA adalah pilihan yang baik untuk souvenir yang membutuhkan detail yang halus dan presisi.

3. Selective Laser Sintering (SLS)

Selective Laser Sintering adalah jenis cetak 3D yang menggunakan bubuk plastik yang dikeraskan dengan sinar laser untuk membentuk objek 3D. SLS menghasilkan objek 3D yang kuat dan tahan lama. SLS adalah pilihan yang baik untuk souvenir yang membutuhkan kekuatan dan daya tahan.

4. Multi Jet Modeling (MJP)

Multi Jet Modeling adalah jenis cetak 3D yang menggunakan tetesan tinta khusus yang dikeraskan dengan sinar UV untuk membentuk objek 3D. MJM menghasilkan objek 3D dengan warna yang full-color dan detail yang halus. MJP adalah pilihan yang baik untuk souvenir yang membutuhkan warna yang cerah dan detail yang halus.

5. Digital Light Processing (DLP)

Digital Light Processing adalah jenis cetak 3D yang menggunakan proyektor untuk memproyeksikan gambar ke resin cair yang dikeraskan untuk membentuk objek 3D. DLP menghasilkan objek 3D dengan permukaan yang halus dan presisi tinggi. DLP adalah pilihan yang baik untuk souvenir yang membutuhkan detail yang halus dan presisi.

Apa Bedanya Souvenir dan Cinderamata?

Souvenir dan Cinderamata

Banyak orang kerap keliru menganggap bahwa cinderamata dan souvenir adalah istilah yang merujuk pada barang yang sama. Padahal, pengertian souvenir dan cinderamata itu tak sama.

Cinderamata, sebagaimana artinya dalam Bahasa Indonesia, mengacu pada barang bawaan wisatawan yang diambil sebagai kenangan. Umumnya, orang memberikan cinderamata khas dari suatu tempat yang dikunjungi kepada keluarga atau teman dekat, tanpa memandang hari atau peristiwa spesifik. 

Cinderamata terkait erat dengan sentuhan personal, membawa nilai emosional yang tinggi. Pemilihan cinderamata dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan kesukaan penerima dan mencerminkan daerah asal.

Cinderamata lebih bersifat personal dan jarang terkait dengan kepentingan bisnis, karena tujuan utamanya adalah memberikan kenangan atau tanda mata kepada orang-orang terdekat. 

Barang cinderamata seringkali diproduksi secara khusus oleh para perajin yang memiliki keahlian dalam berbagai teknik kerajinan seperti kayu, batik, anyaman, dan ukiran.

Di sisi lain, souvenir artinya benda atau barang yang umumnya dibeli atau diberikan sebagai kenang-kenangan dari suatu tempat, peristiwa, atau destinasi tertentu. Souvenir kawasan wisata sering kali menampilkan ikonik dari tempat tersebut, seperti gambar candi jika berkunjung ke kawasan candi. 

Selain barang massal, perajin juga terlibat dalam pembuatan souvenir yang unik secara manual, menambahkan elemen seni pada produk tersebut. Souvenir juga seringkali dijadikan sebagai cara untuk mempromosikan daerah wisata dan diberikan dalam acara penting dengan tujuan memberi kenangan dan mendukung promosi.

Sekarang kamu sudah tau apa itu souvenir beserta jenis dan fungsinya kan? Nah, Seiring kemajuan teknologi, mencetak hadiah tiga dimensi menjadi opsi yang menarik. Dengan menggunakan jasa 3d printing dari FOMU, kamu dapat membuat souvenir yang lebih hidup dan berkesan. 

Kunjungi FOMU untuk melihat berbagai pilihan cetakan 3D yang dapat mempertahankan kenanganmu dalam bentuk nyata.

Leave a comment