Bagi kamu yang tertarik mencetak berbagai desain 3 dimensi, memiliki mesin printer 3D sendiri tentu akan memudahkanmu mengerjakan berbagai proyek. Printer 3D sendiri adalah perangkat yang berguna untuk mencetak model 3 dimensi dari desain digital. Mulai dikenal di pasar Indonesia sejak tahun 2014, printer ini telah membantu para pekerja kreatif dalam pembuatan miniatur, mainan, hingga prototipe proyek.

Seperti halnya mesin cetak 2 dimensi, merek mesin cetak 3D juga berbeda-beda. Simak rekomendasi merek printer 3D printing dalam ulasan berikut ini!

1. Creality

Creality merupakan salah satu brand yang populer di kalangan pencinta dan pebisnis cetak 3D. Tidak hanya menyediakan merek mesin 3D printing, Creality juga menghadirkan solusi perangkat lunak slicer. Salah satu seri mesin cetak 3D mereka yang bisa kamu pilih adalah Creality Ender-3 Pro 3D Printer.

Creality Ender-3 Pro merupakan versi upgrade dari Creality Ender 3. Dengan peningkatan komponen 3D printer, printer ini memberikan pengalaman mencetak objek 3D yang lebih aman. Kemampuannya untuk dirakit dengan mudah memungkinkan pengguna DIY untuk merakit sendiri di rumah. 

Dilengkapi dengan roda bantalan stabil dan broad rubber feet, printer ini menawarkan stabilitas dimensi dan mengurangi tingkat kebisingan saat operasi. Harga mesin cetak ini mulai Rp3,5 jutaan saja.

2. Anycubic

Merek printer 3D printing seri Photon Mono 4K satu ini dapat mencetak sampai 50 mm/jam. Dengan kecepatan cetak ini, kamu bisa membuat model dengan tinggi 12 cm dalam waktu 2,5 jam saja. 

Anycubic Photon Mono 4K adalah printer resin masked stereolithography (MSLA) yang impresif. Meskipun cepat, printer ini tetap menyajikan cetakan yang rinci dan mulus dengan software 3D Photon Workshop. Platform angled-build mencegah resin menggenang, sementara pour-spout pada resin vat membuat mesin mudah digunakan. Kamu bisa membeli printer ini dengan harga mulai dari Rp3,6 jutaan saja.

3. Prusa

Prusa SL1S SPEED 3D Printer dibuat dengan material aluminium yang kokoh untuk mengurangi getaran dan menjaga stabilitas operasional. Dilengkapi dengan mekanisme pelepasan cepat pada sumbu Z, menjaga kalibrasi tanpa perlu kalibrasi ulang. Printer ini juga dilengkapi resin vat sensor yang akan merespons saat terjadi pengisian berlebih. Pilihan tepat untuk kamu yang membutuhkan printer 3D yang stabil dan andal. Harga cetak 3D printing ini mulai dari Rp34,9 jutaan.

4. Elegoo

Merek mesin 3D berikutnya yang tidak kalah populer adalah Elegoo. Elegoo adalah perusahaan terkenal yang berspesialisasi dalam pengembangan printer 3D berkualitas tinggi, mutakhir, dan terjangkau. Mereka menawarkan berbagai printer 3D resin, termasuk printer 3D resin UV mutakhir dan printer 3D SLA. 

Printer mereka dirancang untuk memenuhi kebutuhan semua pengguna, dari penggemar yang mencari printer resin kompak hingga profesional yang membutuhkan kemampuan pencetakan stereolithography yang canggih. Seri yang termurah adalah Mars 3 dengan harga mulai dari Rp4,5 jutaan.

5. Flashforge

Flashforge adalah produsen printer 3D yang terkenal dengan produknya yang berkualitas tinggi dan mudah digunakan. Mereka menawarkan berbagai macam printer 3D, termasuk printer 3D fused deposition modeling dan SLA, untuk memenuhi kebutuhan berbagai pengguna, mulai dari pemula hingga profesional.

Salah satu serinya, Flashforge Hunter DLP 3D Printer, memungkinkan pencetakan model 3D dengan detail tinggi bahkan untuk desain yang kompleks. Sangat cocok untuk desainer perhiasan yang menginginkan representasi yang realistis dari desain mereka, mempercepat proses pembuatan dan menghindari cacat produksi. 

Untuk 3D bioprinting yang bergerak bidang kedokteran gigi, printer ini berguna bagi laboratorium gigi dan aplikasi klinis, dengan pilihan resin yang beragam untuk hasil terbaik. Tak heran jika harga printer ini cukup tinggi yakni mulai Rp54 jutaan.

6. Monoprice

Monoprice merupakan retailer online yang menawarkan berbagai macam produk elektronik dan konsumen, termasuk printer 3D. Monoprice menawarkan berbagai macam printer 3D, termasuk printer 3D FDM dan SLA, untuk memenuhi kebutuhan berbagai pengguna, dari pemula hingga profesional.

Jenis printer yang mereka miliki juga beragam. Salah satunya adalah Monoprice Maker Select Plus. Ini adalah printer 3D FDM yang bagus untuk pemula. Mudah digunakan dan menghasilkan cetakan berkualitas tinggi. Printer ini bisa kamu dapatkan dengan harga antara Rp3-4 jutaan saja.

Selain itu, ada juga seri Monoprice Voxel yang merupakan printer 3D SLA yang ideal untuk pengguna profesional. Ini menghasilkan cetakan berkualitas tinggi dengan presisi tinggi. Harganya berkisar antara Rp7-8 jutaan.

7. Geeetech

Produsen printer lain yang juga populer dengan produk printer 3D berkualitas dan mudah digunakan adalah Geeetech. Mereka menawarkan berbagai macam printer 3D, termasuk printer 3D FDM dan SLA, untuk memenuhi kebutuhan berbagai pengguna, dari pemula hingga profesional.

Salah satu seri mereka yang populer adalah Geeetech THUNDER High Speed 3D Printer. Printer 3D ini menawarkan pencetakan super cepat dengan penghematan waktu hingga 70%, tetapi tidak mengorbankan kualitas tinggi. Dengan presisi dan stabilitas cetakan yang konsisten, didukung oleh struktur kokoh dan sistem pendinginan efisien.

Interface-nya yang intuitif memudahkan penggunaan, sementara harga terjangkau menjadikannya nilai terbaik untuk printer 3D kecepatan tinggi. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp4,5 jutaan.

8. XYZprinting

XYZprinting adalah perusahaan yang terkenal dalam pengembangan dan penjualan printer 3D serta filamen, dengan fokus membuat teknologi cetak 3D lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas. Printer mereka dikenal ramah pengguna dan terjangkau, menjadikannya pilihan tepat untuk pemula dan penggemar cetak 3D.

Seperti brand lain, XYZprinting juga memiliki beberapa seri printer 3D yang populer. Salah satunya adalah da Vinci Mini W. Ini merupakan printer 3D ringkas dan terjangkau, cocok untuk pemula. Meskipun memiliki volume cetak yang kecil, printer ini mudah digunakan dan menghasilkan cetakan berkualitas baik. Printer ini bisa dibeli dengan harga antara Rp3-4 jutaan.

9. Ultimaker

Ultimaker adalah perusahaan yang terkenal dalam pengembangan dan penjualan printer 3D desktop berkualitas tinggi. Ultimaker didirikan pada tahun 2011 di Belanda dan telah menjadi salah satu merek printer 3D ternama di dunia. Salah satu seri mereka yang populer adalah Ultimaker S5. Ini merupakan printer 3D FDM kelas atas dengan volume cetak tinggi. Harga Ultimaker S5 di Indonesia berkisar antara Rp146 juta-175 jutaan.

10. Raise3D

Raise3D merupakan produsen printer 3D terkemuka yang dikenal dengan mesin cetak 3D industrial. Salah satu seri Raise3D yang populer adalah MetalFuse yang memungkinkan cetak 3D dengan logam secara tidak langsung (indirect metal 3D printing). Mesin ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp150-275 jutaan per unitnya.

Mesin 3D Printer dengan Harga Terjangkau Hanya di FOMU!

Wujudkan ide kreatifmu dengan mesin 3D Printer FOMU! Dapatkan harga terjangkau dan kualitas terbaik untuk berbagai kebutuhan pencetakan 3D. FOMU menawarkan berbagai pilihan printer 3D dengan fitur canggih dan mudah digunakan, cocok untuk pemula maupun profesional.

Anda juga Mau cetak 3 dimensi dengan harga 3D printing yang lebih terjangkau dibanding membeli printer sendiri? Kamu bisa menyerahkan proses pencetakannya kepada FOMU . Hubungi FOMU untuk kebutuhan cetakmu sekarang juga!

Leave a comment